Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sah, Mulai Tahun Depan Jabar Gratiskan Iuran Bulanan SMA/SMK

Gubernur Jabar Ridwan Kamil memastikan iuran bulanan peserta didik (IBPD) untuk SMA sederajat akan dibebaskan tahun depan.
Ilustrasi/Antara
Ilustrasi/Antara

Bisnis.com, BANDUNG—Gubernur Jabar Ridwan Kamil memastikan iuran bulanan peserta didik (IBPD) untuk SMA sederajat akan dibebaskan tahun depan.

Ridwan Kamil mengatakan anggaran sebesar Rp1,4 triliun untuk IBPD atau yang dulu dikenal SPP sudah disiapkan dalam APBD 2020 yang sudah disahkan.

“Alhamdulillah RAPBD sudah diketok palu, tinggal dievaluasi Kemendagri. Berita besarnya alhamdulillah bisa dimulai SPP gratis untuk SMA sederajat,” katanya di Gedung Sate, Bandung, Kamis (28/11/2019).

Menurutnya bantuan untuk siswa ini tidak hanya berlaku untuk SMA/SMK sederajat negeri saja. Bantuan ini juga berlaku untuk siswa yang tak lolos PPDB untuk difasilitasi menuntut ilmu di sekolah swasta.

“Untuk siswa tidak mampu dan tidak lolos ppdb, swasta ada bantuan juga membuat mereka bisa terbaru sekolah swasta. Untuk MA bantuannya sama rapi disalurkan lewat Kemenag,”paparnya.

Rencananya kebijakan SPP gratis ini akan mulai direalisasikan pada tahun ajaran baru Juli 2020 dengan besaran anggaran Rp1,4 triliun.

Kebijakan ini bisa direalisasikan usai pihaknya melakukan penghematan sejumlah pos anggaran seperti bansos/hibah hingga perjalanan dinas.

“Ini kan hasil menghemat hibah Bansos. Dulu hibah bansos banyak sekali, sekarang kita cukupkan, efisienkan, sehingga bisa menemukan ruang Rp1,4 triliun pertahun untuk menggratiskan SPP,” katanya.

Menurutnya efisiensi paling besar dilakukan di mata anggaran hibah dan bansos. Sementara dari perjalanan dinas didapat efisiensi sebesar Rp150 miliar lebih. “Ini supaya keberpihakan layanan dasar di Jabar bisa hadir,” tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper