Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Sah, Mulai Tahun Depan Jabar Gratiskan Iuran Bulanan SMA/SMK

Gubernur Jabar Ridwan Kamil memastikan iuran bulanan peserta didik (IBPD) untuk SMA sederajat akan dibebaskan tahun depan.
Wisnu Wage Pamungkas
Wisnu Wage Pamungkas - Bisnis.com 28 November 2019  |  13:15 WIB
Ilustrasi - Antara
Ilustrasi - Antara

Bisnis.com, BANDUNG—Gubernur Jabar Ridwan Kamil memastikan iuran bulanan peserta didik (IBPD) untuk SMA sederajat akan dibebaskan tahun depan.

Ridwan Kamil mengatakan anggaran sebesar Rp1,4 triliun untuk IBPD atau yang dulu dikenal SPP sudah disiapkan dalam APBD 2020 yang sudah disahkan.

“Alhamdulillah RAPBD sudah diketok palu, tinggal dievaluasi Kemendagri. Berita besarnya alhamdulillah bisa dimulai SPP gratis untuk SMA sederajat,” katanya di Gedung Sate, Bandung, Kamis (28/11/2019).

Menurutnya bantuan untuk siswa ini tidak hanya berlaku untuk SMA/SMK sederajat negeri saja. Bantuan ini juga berlaku untuk siswa yang tak lolos PPDB untuk difasilitasi menuntut ilmu di sekolah swasta.

“Untuk siswa tidak mampu dan tidak lolos ppdb, swasta ada bantuan juga membuat mereka bisa terbaru sekolah swasta. Untuk MA bantuannya sama rapi disalurkan lewat Kemenag,”paparnya.

Rencananya kebijakan SPP gratis ini akan mulai direalisasikan pada tahun ajaran baru Juli 2020 dengan besaran anggaran Rp1,4 triliun.

Kebijakan ini bisa direalisasikan usai pihaknya melakukan penghematan sejumlah pos anggaran seperti bansos/hibah hingga perjalanan dinas.

“Ini kan hasil menghemat hibah Bansos. Dulu hibah bansos banyak sekali, sekarang kita cukupkan, efisienkan, sehingga bisa menemukan ruang Rp1,4 triliun pertahun untuk menggratiskan SPP,” katanya.

Menurutnya efisiensi paling besar dilakukan di mata anggaran hibah dan bansos. Sementara dari perjalanan dinas didapat efisiensi sebesar Rp150 miliar lebih. “Ini supaya keberpihakan layanan dasar di Jabar bisa hadir,” tegasnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pemprov jabar
Editor : Ajijah
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top