Jabar Dorong Industri Lirik Potensi IKM Otomotif

Selama ini, Industri Kecil Menengah (IKM) otomotif di Jawa Barat dinilai sulit menjalin kerja sama dengan industri besar karena terkendala akses.
Wisnu Wage Pamungkas
Wisnu Wage Pamungkas - Bisnis.com 23 November 2019  |  16:42 WIB
Jabar Dorong Industri Lirik Potensi IKM Otomotif
Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Jawa Barat (Jabar) Moh. Arifin Soendjayana memberikan keterangan kepada wartawan dalam Jabar Otofest 2019 di Gedung Sate, Bandung, Sabtu (23/11/2019). - Bisnis/Wisnu Wage

Bisnis.com, BANDUNG — Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Jawa Barat (Jabar) resmi membuka gelaran otomotif bertajuk Jabar Otofest 2019 di Gedung Sate, Bandung, Sabtu (23/11/2019). 
 
Acara dua tahunan ini kembali menghadirkan puluhan stand Industri Kecil Menengah (IKM) hingga SMK yang memproduksi komponen otomotif untuk saling unjuk gigi kualitas produk yang dihasilkan.
 
Kepala Disperindag Jabar Moh. Arifin Soendjayana mengatakan kegiatan yang mengusung tema “Menuju Kemandirian Otomotif Jawa Barat” ini bertujuan untuk mendorong para IKM otomotif di Jabar untuk dapat bekerja sama dan bermitra dengan para perusahaan besar. Ajang ini diharapkan bisa menjadi salah satu jembatan bagi para IKM untuk dapat memperluas akses terhadap industri.
 
"Otofest ini adalah kegiatan dua tahunan yang mudah-mudahan dapat meningkatkan industri manufaktur di Jabar, khususnya otomotif. Bagaimana IKM yang bergerak di sektor otomotif ini bisa bermitra dengan perusahaan otomotif besar, itu yang akan kami coba," paparnya, Sabtu (23/11).
 
Arifin mengungkapkan saat ini, salah satu hambatan terbesar para IKM otomotif di Jabar adalah akses yang terbatas untuk dapat bekerja sama dengan industri besar. Sehingga, hal yang paling dibutuhkan adalah sebuah hub dan upaya-upaya lainnya yang dapat membantu menghubungkan IKM dengan industri yang membutuhkan.
 
"Kalau IKM nawarin satu-satu ke pabrik kan susah. Kalau masuk ke tier 1 dan 2 sulit, tapi kalau masuk ke tier 3 kita bisa, karena memang yang dibutuhkan teknologinya tidak terlalu tinggi. Jadi, kami sedang mencari yang bisa menjembatani agar kualitas, kontinuitas, dan pricing itu bisa lebih menguntungkan," paparnya.
 
Gelaran Otofest 2019 merupakan bagian dari program Industri Juara yang digaungkan Jabar melalui Disperindag Jabar. Selain pameran sejumlah produk IKM, dalam acara ini juga terdapat OtoFreeTuneUp yang akan memberikan layanan tune up kepada pengunjung yang membawa kendaraan roda dua maupun roda empat.
 
Acara ini digelar berbarengan dengan agenda festival Pasar Rakyat serta peluncuran pilot project pusat distribusi provinsi yang dibuka oleh Gubernur Jabar Ridwan Kamil.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
jabar, ikm

Editor : Annisa Margrit
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya


Top