21 Pengusaha Saudi Jajaki Investasi di Indramayu

KJRI Jeddah menggandeng 21 pengusaha besar dari Arab Saudi untuk membahas investasi dalam acara Indramayu Investment Forum (IIF) yang berlangsung pada 13 - 14 Oktober 2019.
Ilustrasi tambak garam di Indramayu, Jawa Barat./Antara-Dedhez Anggara
Ilustrasi tambak garam di Indramayu, Jawa Barat./Antara-Dedhez Anggara

Bisnis.com, JAKARTA – Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Jeddah menggandeng 21 pengusaha besar dari Arab Saudi untuk membahas investasi dalam acara Indramayu Investment Forum (IIF) yang berlangsung pada 13 - 14 Oktober 2019.

Forum tersebut dikemas dalam format presentasi singkat dan dilanjutkan dengan kunjungan ke berbagai sentra industri di Indramayu, menurut keterangan tertulis KJRI Jeddah yang diterima di Jakarta, Senin (14/10/2019).

Forum Investasi Indramayu itu dilakukan menjelang gelaran Trade Expo Indonesia (TEI) 2019 tanggal 16 - 20 Oktober 2019 yang akan dihadiri 175 pengusaha Arab Saudi atas undangan KJRI Jeddah.

"Kehadiran pengusaha Arab Saudi di Indramayu merupakan ikhtiar KJRI Jeddah untuk meningkatkan kerja sama ekonomi antara Indonesia dan Arab Saudi. Para pengusaha dapat melihat langsung berbagai potensi investasi di daerah ini yang bisa digarap," kata Konjen RI di Jeddah Mohamad Hery Saripudin.

Pengusaha Saudi yang hadir dalam pertemuan tersebut antara lain Bin Mahfouz, Alamoudi, dan Alghamah yang berasal dari dua perusahaan importir Saudi yang telah lama memiliki hubungan dagang dengan pengusaha Indonesia.

"Beberapa pengusaha Arab Saudi mulai tertarik menanamkan modalnya ke Indonesia karena mereka telah mengenal potensi Indonesia,” ujar Hery.

Dia menyebutkan beberapa alasan Indramayu menjadi pilihan bagi investasi, salah satunya komitmen kuat kepala daerah untuk membantu pengusaha yang merupakan kunci pertama bagi suksesnya masuk modal asing.

Lokasi strategis Indramayu, lanjut Hery, seperti jarak yang relatif dekat dengan bandara Kertajati mendorong pembukaan penerbangan langsung ke Arab Saudi sehingga dapat memudahkan pemodal Saudi untuk melakukan pemantauan dan pengembangan terhadap sektor usaha yang akan digarap.

Selain itu, sebagai kabupaten yang berada di wilayah pesisir pantai, Indramayu terkenal dengan keindahan serta kekayaan alam yang juga menjadi daya tarik tersendiri bagi para pemodal asing.

"Indramayu memiliki surplus produksi beras, tempat yang cocok untuk pengembangan peternakan dan perikanan, serta kaya dengan kandungan mineral alam," kata Bupati Indramayu, Supendi.

Selama berada di Indramayu, para pengusaha Saudi berinteraksi dengan pengusaha Indramayu di sektor perikanan, perkebunan, pertanian, dan pertambangan.

Beberapa tempat yang dikunjungi para pengusaha Saudi, antara lain PT. Polytama Propindo, sentra produki kerupuk ikan dan kerupuk udang, sentra produksi beras serta tambak ikan bandeng dan udang dan perkebunan mangga.

Indramayu adalah kabupaten dengan 147 kilometer garis pantai, dan berada di persimpangan dua jalur transportasi bandara internasional Kertajati dan pelabuhan internasional Patimban.

Berhasil memproduksi 1,6 juta ton beras per tahun, Indramayu menjadi salah satu daerah lumbung padi di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper