Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemkot Bandung Kaji Pendanaan Pembangunan dari Pinjaman Perbankan

Pemerintah Kota Bandung tengah mengkaji sumber pendanaan pembangunan dari luar Anggaran Belanja Daerah (APBD), salah satunya yaitu dengan pendanaan dari perbankan.
Oded M Danial
Oded M Danial

Bisnis.com, BANDUNG — Pemerintah Kota Bandung tengah mengkaji sumber pendanaan pembangunan dari luar Anggaran Belanja Daerah (APBD), salah satunya yaitu dengan pendanaan dari perbankan.

Wacana itu muncul setelah Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil membuka kesempatan kepada pemerintah kota/kabupaten di Jawa Barat untuk meminjam dana ke perbankan.

"Gubernur memang meminta agar saat membangun kota tidak hanya sekedar mengandalkan APBD. Pemerintah Kota (Pemkot) harus berinovasi mencari anggaran pendanaan dengan pola lain selain APBD," ujar Wali Kota Bandung, Oded M. Danial usai mengikuti Koordinasi Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (Kopdar) Bupati/Wali Kota Se-Jawa Barat Triwulan III Tahun 2019 di Pantai Indah Timur Resort, Kabupaten Pangandaran, Kamis (26/9).

Menurut Oded, hal ini merupakan langkah luar biasa dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat. Oleh karenanya, Oded mengaku telah meminta Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung, Ema Sumarna untuk menghitung "cashflow" Pemkot Bandung.

Jika memungkinkan, kata Oded, maka Pemkot Bandung membuka peluang untuk meminjam dana dari perbankan untuk pembangunan di Kota Bandung.

"Saya sudah minta ke pak sekda untuk mengkajinya. Karena pola pinjaman ke bank harus terukur. Mudah-mudahan bisa lancar," ujar Oded.

Sementara itu, Sekda Kota Bandung, Ema Sumarna akan segera meminta simulasi dana pinjaman ke bank pemerintah daerah.

"Tadi memang sudah sedikit disimulasikan. Jika meminjam Rp200 miliar, maka sebulan harus membayar sekitar Rp18,5-20miliar," ujar Ema.

Menurut Ema, saat ini Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Bandung dalam sebulan mencapai Rp142-160 miliar. Sehingga jika hanya menyisihkan Rp18,5-20 miliar masih sangat memungkinkan.

"Memang sangat 'visible'. Tetapi kita masih akan hitung dahulu. Jangan sampai mengganggu performa kinerja Pemkot Bandung," tutur Ema.

Selain itu, kata Ema, Pemkot Bandung juga akan mengkaji terlebih dahulu pembangunan yang mungkin bisa didanai melalui perbankan.

"Kita lihat dulu mana yang perlu didanai. Kita juga masih meminta simulasi yang lebih detail," kata Ema.

Pada Kopdar kali ini, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil memang membahas mengenai kolaborasi pendanaan pembangunan yang tidak hanya bisa didapat dari APBD. ia menyebut, ada 8 pintu pendanaan pembangunan termasuk APBD. Tujuh pintu lainnya di antaranya, APBD Provinsi, APBN, pinjaman bank, KBPU/PPP, Dana Umat, CSR dan Obligasi Daerah. (K34)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dea Andriyawan
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper