Tol Japek II Segera Beroperasi, Ridwan Kamil Singgung Aspirasi Pengusaha Jepang

Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek (Japek) atau Japek II direncanakan akan dibuka untuk publik pada November 2019 mendatang.
Wisnu Wage Pamungkas
Wisnu Wage Pamungkas - Bisnis.com 23 September 2019  |  14:20 WIB
Tol Japek II Segera Beroperasi, Ridwan Kamil Singgung Aspirasi Pengusaha Jepang
Ridwan Kamil - Bisnis/Wisnu Wage

Bisnis.com,BANDUNG—Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek (Japek) atau Japek II direncanakan akan dibuka untuk publik pada November 2019 mendatang.

Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengatakan beroperasinya tol Japek II yang saat ini tengah menggelar uji beban dipastikan akan mengurangi beban kepadatan di jalur Pantai Utara (Pantura). “Memang Pantura itu jalur padat,” katanya di Bandung, Senin (23/9/2019).

Namun pengoperasian jalan tol layang tersebut menurutnya masih belum cukup mengakomodir dan mengurai kepadatan terutama kendaraan dari arah kawasan industri. Dia mengaku pekan lalu menerima permintaan dari para pengusaha Jepang agar ada jalur khusus untuk angkutan di kawasan industri.

“[Japek] itu gak cukup disitu juga ada aspirasi kemarin waktu ketemu pengusaha Jepang bikin jalan yang melintasi industri. Jadi pergerakan truk jangan selalu masuk dulu ke tol balik lagi,” katanya.

Menurutnya aspirasi para pengusaha Jepang di kawasan industri tersebut saat ini tengah ditindaklanjuti untuk dibahas. Namun dia memastikan jalur yang diinginkan pengusaha bersisian dengan jalur tol yang ada saat ini.

“Itu lagi dirapatkan. [Mereka minta] Jalur diantara industrinya kalau ini jalan tol sejajarnya, khusus. Jadi truk gak bertemu dengan kendaraan pribadi,” ungkapnya.

Japek II memiliki panjang kurang lebih 36,4 kilometer. Posisinya yang berada di sepanjang Tol Japek diproyeksikan bisa memindahkan 50% kendaraan yang menggunakan jalur bawah beralih ke jalan layang.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
pemprov jabar

Editor : Ajijah

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top