Jabar Dukung Festival Pesona Lokal Jadi Agenda Tahunan

Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat mendukung penuh penyelenggaraan acara Festival Pesona Lokal 2019 yang tahun ini diselenggarakan oleh Adira Finance ini di depan Gedung Sate, Jl. Diponegoro, Kota Bandung.
Wisnu Wage Pamungkas
Wisnu Wage Pamungkas - Bisnis.com 22 September 2019  |  14:53 WIB
Bisnis.com,BANDUNG—Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat mendukung penuh penyelenggaraan acara Festival Pesona Lokal 2019 yang tahun ini diselenggarakan oleh Adira Finance ini di depan Gedung Sate, Jl. Diponegoro, Kota Bandung.
Menurut Gubernur Jabar Ridwan Kamil atau yang akrab disapa Emil ini, pihaknya mendukung Festival Pesona Lokal di Bandung menjadi ajang tahunan karena festival ini turut melestarikan seni dan budaya lokal Jawa Barat.
“Kenapa selalu kami dukung, karena (festival) ini melestarikan budaya Jawa Barat dari seluruh kota/kabupaten," ucap Emil saat membuka Festival Pesona Lokal 2019, Sabtu (21/9/19) malam WIB.
"Kalau bukan kita, siapa lagi yang melestarikan. Kebudayaan adalah identitas yang membedakan kita dengan orang lain,” ujarnya.
“Jadi, ini adalah acara yang sudah diputuskan setiap tahun akan hadir di sini, nanti di Gasibu juga, nanti di Gedung Sate,” kata Emil menambahkan.
Festival Pesona Lokal 2019 sebagai event berskala nasional sendiri merupakan kegiatan yang mengeksplorasi kekayaan adat, seni dan budaya, serta berbagai kearifan lokal lainnya dari Jawa Barat.
Lebih lanjut, Emil menjelaskan bahwa konten yang ada di Festival Pesona Lokal 2019 sesuai dengan visi misi Jawa Barat untuk menghidupkan kembali budaya lokal sehingga mengimbangi budaya yang ada dalam keseharian masyarakat.
“Setahun sekali kami dukung karena kontennya sangat cocok dengan visi misi Jawa Barat, yaitu konten-konten budaya lokal dihidupkan lagi, dilestarikan, dipopulerkan, untuk mengimbangi budaya-budaya yang terlalu ngepop, yang terlalu luar negeri yang hadir dalam keseharian warga Jawa Barat, khususnya anak-anak milenial,” tutur Emil.
Pemdaprov Jabar pun telah berkomitmen menjadikan pariwisata sebagai lokomotif perekonomian karena sektor ini dapat merangkul semua kalangan masyarakat dalam meningkatkan perekonomian.
Saat ini, Pemdaprov Jabar pun tengah membangun pusat budaya dan creative center yang tersebar di seluruh kabupaten/kota.
Selain Parade Karnaval Budaya, terdapat pula pertunjukan tari jaipong, rampak gendang, Lomba Tari Lokal Kontemporer, Lomba Desain Motif Khas Lokal Kontemporer, Kompetisi ala Selebgram Lokal, hingga Festival Kuliner dan Foodtruck.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
pemprov jabar

Editor : Ajijah

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top