Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BMPR Jabar Punya Aplikasi Khusus Pantau Proyek Perbaikan Jalan

Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang (BMPR) Jabar memastikan pengelolaan dan pemeliharaan jalan lebih terpantau dengan bantuan aplikasi bernama Teman Jabar.
A Koswara/Bisnis-Wisnu Wage
A Koswara/Bisnis-Wisnu Wage

Bisnis.com,BANDUNG—Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang (BMPR) Jabar memastikan pengelolaan dan pemeliharaan jalan lebih terpantau dengan bantuan aplikasi bernama Teman Jabar.

Kadis BMPR A.Koswara mengatakan aplikasi tersebut dibuat secara khusus oleh internal pihaknya dan tidak melibatkan konsultan.

“Ini dikerjakan di dinas sendiri, ini adalah aplikasi untuk monitoring kegiatan pengelolaan jalan, baik pemeliharaan, peningkatan, atau rehab di semua jalan provinsi yang ada di Jawa Barat,” katanya kepada Bisnis, Minggu (8/9/2019).

Menurutnya setiap proses yang dilakukan oleh pihak rekanan maupun balai jalan yang berada di bawah BMPR Jabar akan mudah terkontrol oleh pihaknya lewat aplikasi ini. Aplikasi ini juga memberikan informasi terbuka terkait kontraktor yang mendapat proyek, jumlah anggaran, hingga pelaksanaan pengerjaan proyek. “Itu semua bisa dilihat di situ,” ujarnya.

Terpenting dari aplikasi ini adalah progress perbaikan jalan yang tengah berlangsung. Koswara menilai dengan aplikasi ini masyarakat bisa terbantu untuk melihat kondisi jalan yang dilalui, apakah ada proyek yang berjalan atau tidak.

“Aplikasi ini juga sebagai transparansi. Nanti seluruh kegiatan yang ada di Dinas Bina Marga bisa diketahui oleh masyarakat,” katanya.

Koswara juga mengaku aplikasi ini disiapkan dengan rencana pihaknya melakukan standarisasi lebar jalan ruas provinsi di Jawa Barat, dan memperbaharui umur fisik jalan yang sebanyak 60% sudah habis. “Kebutuhan biaya yang kami estimasi mencapai Rp4,3 triliun,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper