Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

700 Hektare Sawah di Cirebon Dipastikan Puso

Seluas 700 hektare sawah di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, pada musim kemarau kali ini dipastikan gagal panen atau puso, karena tidak tersuplai air dari irigasi.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 25 Juli 2019  |  15:37 WIB
Ilustrasi areal persawahan yang kekeringan. - Antara/Yulius Satria Wijaya
Ilustrasi areal persawahan yang kekeringan. - Antara/Yulius Satria Wijaya

Bisnis.com, CIREBON – Seluas 700 hektare sawah di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, pada musim kemarau kali ini dipastikan gagal panen atau puso, karena tidak tersuplai air dari irigasi.

"Seluas 700 hektare sawah dipastikan gagal panen atau puso, karena memang tidak dialiri air," kata Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Cirebon Ali Effendi di Cirebon, Jawa Barat, Kamis (25/7/2019).

Ali mengatakan dari total 42.000 hektare lahan pertanian, khususnya padi, pada musim gaduh, sebanyak 1.900 hektare di antaranya itu kekeringan baik tingkat ringan, sedang, maupun kekeringan berat sampai puso.

"Total yang kekeringan itu 1.900 hektare, yang puso 700 hektare sedangkan yang mengalami kekeringan ringan, sedang, dan berat itu kira-kira 1200 hektare," ujarnya.

Daerah yang mengalami kekeringan, kata Ali, yaitu daerah tadah hujan, karena memang irigasi pertaniannya juga kurang memadai.

Namun, untuk persawahan yang airnya dari irigasi, sampai saat ini masih aman meskipun meskipun tidak seperti pada masa tanam pertama.

"Yang kekeringan itu daerah-daerah tadah hujan seperti Greged, Lemahabang, Losari, dan Karangwareng," tuturnya.

Saat ini rata-rata usia tanaman padi di Kabupaten Cirebon memasuki 15 sampai 60 hari, sehingga  gagal panen diperkirakan tidak terlalu meluas meskipun ada juga 3.000 hektare areal persawahan yang terancam kekeringan apabila tidak teraliri air.

"Yang terancam atau waspada itu 3.000 hektare lebih, namun kami terus berusaha agar tidak sampai puso," ujarnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sawah cirebon

Sumber : Antara

Editor : M. Syahran W. Lubis
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top