Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Setya Novanto Dikembalikan Lagi ke Sukamiskin, Ini Kata Kemenkum HAM Jabar

Badan Pemasyarakatan (Bapas) Bogor menilai terpidana kasus e-KTP Setya Novanto telah memenuhi tiga poin sehingga Setnov sapaan akrab Setya Novanto dikembalikan ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Sukamiskin setelah satu bulan dipindah ke Lapas Gunung Sindur Bogor.
Setya Novanto/ANTARA-Reno Esnir
Setya Novanto/ANTARA-Reno Esnir

Bisnis.com, BANDUNG — Badan Pemasyarakatan (Bapas) Bogor menilai terpidana kasus e-KTP Setya Novanto telah memenuhi tiga poin sehingga Setnov sapaan akrab Setya Novanto dikembalikan ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Sukamiskin setelah satu bulan dipindah ke Lapas Gunung Sindur Bogor.

Kepala Divisi Humas Pemasyarakatan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat Abdul Aris tiga poin tersebut salah satunya adalah Setnov selama di Lapas dengan pengamanan maksimum tersebut berperilaku baik.

"Kedua tingkat keamanan sudah medium security, kemudian ketiga mempertimbangkan faktor kesehatan yang bersangkutan,” kata Aris saat dihubungi, Rabu (17/7).

Selama di Lapas Gunung Sindur, Setnov dinilai bisa menunjukkan perilaku baik dilihat dari Setnov yang bisa menaati peraturan, juga menghormati petugas.

Oleh karenanya, pihaknya kemudian mempertimbangkan untuk mengembalikan Setnov ke Lapas Sukamiskin Bandung.

"Kalau disuruh dia melakukan. Dia melakukan hal-hal yang sifatnya sudah didasari dari kesadaran. Ada itikad baik berupa penyesalan atas perbuatan yang dilakukan," ucap Aris.

Disinggung mengenai tingkat keamanan di Gunung Sindur, Aris enggan menyebutkan. Namun, dia memastikan pengamanan Gunung Sindur lebih ketat dibandingkan Lapas lainnya.

"Kalau pengamanan Gunung Sindur itu termasuk bersifat secret [rahasia]. Artinya lain dari pada yang lain, lebih ketat, super maksimum," kata Aris. (K34)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dea Andriyawan
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper