Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bisnis.com, BANDUNG -- Jelang Hari Raya Idulfitri, masyarakat kerap bersiap diri menyambut kedatangan sanak saudara untuk bersilaturahim.

Salah satu yang sering disiapkan yaitu sajian untuk menyambut kedatangan sanak saudara dan kerabat. Bukan hanya ketupat dan opor ayam tetapi juga camilan.

Camilan yang biasa disuguhkan di hari lebaran di antaranya kue kering. Berikut beberapa kue kering favorit yang selalu disajikan saat lebaran:

Kastengel
Kastengel adalah kue kering yang cukup populer di Indonesia yang prosesnya dipanggang dioven. Bentuknya dan ukuranya kecil saja hanya sebesar jari kita dengan ukurang panjangnya sekitar 5 centimeter.

Untuk cara pembuatanya, adonan mirip dengan salah satu kue populer lain yaitu adonan nastar. Bedanya adalah adonan kue kastengel dalam prosesnya menggunakan keju dan memang akan lebih enak jika menambahkan dan menggunakan keju.

Rahasia dari rasa resep kastengel yang bervariasi adalah keju yang digunakan untuk membuatnya. Variasi keju yang digunakan tergantung selera, bisa menggunakan keju cheddar, keju edam, atau keju guda.

Kue Kacang Tanah
Kue ini sejenis kue kering yang berbahan dasar kacang tanah dengan berbagai varian bentuk, seperti bentuk bulat, hati, ataupun bulan sabit. Kue kacang tanah dibuat dari adonan tepung terigu, telur, gula halus, minyak goreng, dan bahan dasarnya kacang tanah yang telah dikupas kulitnya dan kemudian dipanggang di dalam oven sampai matang.

Kue Nastar
Kue ini sejenis kue kering yang asal katanya dari bahasa Belanda ananas dan taart. Bentuk kue ini bulat-bulat dengan diameter sekitar 2 cm, di atasnya sering dihias dengan potongan kecil kismis atau cengkeh.

Kue putri Salju
Kue ini sejenis kue kering yang berbentuk bulan sabit dan di atasnya diselimuti dengan gula halus seperti salju. Kue putri salju dibuat dari adonan tepung terigu, tepung maizena, mentega dan kuning telur yang dipanggang di dalam oven sampai matang dan di atasnya diselimuti dengan gula halus.

Kue Kering Semprit
Kue yang berbentuk seperti bunga mawar yang mekar juga merupakan salah satu variasi kue kering lebaran yang wajib ada. Selain rasanya yang renyah dan gurih, kue kering satu ini juga mempunya bentuk yang pas sekali untuk di masukkan ke dalam mulut kita.

Kue Jahe
Kue yang rasanya enak dengan aroma coklat dan jahe bisa menghangatkan tenggorokan dan suasana bersama keluarga.

Kue Lidah Kucing
Kue ini sejenis kue kering yang berbentuk seperti lidah kucing (panjang dan tipis) yang berasal dari Belanda. Kue lidah kucing memiliki rasa yang enak, gurih dan renyah. Kue ini masuk ke Indonesia dari belanda seiring dengan kolonialisasi Belanda. Dalam bahasa Belanda, kue ini dinamakan "Katte Tong".

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dea Andriyawan
Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper