Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Zakky Gamal Yasin/Bisnis
Zakky Gamal Yasin/Bisnis

Bisnis.com, BANDUNG — Dalam rangka 27 tahun menjadi bagian dari perusahaan teknologi negara, Len Industri merealisasikan misi BUMN "Hadir untuk negeri” dengan menyelenggarakan Acara Excelen: Inovasi untuk Negeri, sebuah persembahan dari generasi penerus bangsa untuk Indonesia.

Acara tersebut dihadiri oleh Menteri BUMN Repubik Indonesia Rini Soemarno yang meluncurkan produk-produk inovasi Len Industri dan melakukan pelepasan produk ekspor dari Pindad, Dahana, dan Biofarma yang merupakan bagian dari sinergi BUMN untuk membangun negeri.

"BUMN harus menjadi pelopor produk dalam negeri untuk mengurangi impor dan sebagai upaya dalam meningkatkan daya saing bangsa. Untuk itu pemerintah menaruh harapan besar pada Len Industri karena kemampuan inovasi teknologi yang dimiliki. Len Industri yang didukung sebagian besar engineer muda menjadi harapan bangsa dalam mencapai cita-cita nasional untuk melahirkan produk-produk nasional berkualitas karya anak bangsa yang mampu bersaing di dunia internasional," ungkap Menteri Rini Soemarno, di Bandung, Rabu (31/10).

Len Industri juga meluncurkan sebuah produk inovasi sistem solar PV untuk perumahan dan perkantoran yang bernama LenSOLAR. Produk ini hadir untuk turut menyukseskan target pemerintah Indonesia mengubah 23 % dari total pasokan energi menjadi energi terbarukan pada tahun 2025.

Peluncuran LenSOLAR kedepannya akan diiringi dengan edukasi berkesinambungan mengenai energi terbarukan pada masyarakat dan pelaku usaha, bukan hanya mengenai penghematàn namun juga manfaat jangka panjang dari penggunaan energi tenaga terbarukan.

"Peluncuran LenSOLAR ini menjawab tantangan terhadap Len Industri untuk menjadi perusahaan yang tidak hanya mampu bersaing di pasar business to business (82B) tetapi juga di pasar business to consumer (B2C)", ungkap Rini.

Selain itu turut pula diluncurkan Len Rescue, sebuah peralatan Fast Emergency Responder (Perespon darurat cepat) yang dapat menyediakan sumber energi dan perlengkapan darurat dalam keadaan emergency, misalnya dalam kondisi sepeti bencana alam.

Pada acara ini Menteri BUMN Rini Soemarno memberi nama untuk peralatan tersebut. Dalam bidang transportasi, akan diluncurkan sistem traksi Len Dynatron. Sebagai pionir di bidang sistem traksi elektrik nasional, Len Industri juga mengembangkan sistem traksi elektrik untuk diimplementasikan pada lokomotif, LRT, electric bus dan sepeda motor listrik.

Sementara itu untuk mendukung kemandirian bangsa dalam mewujudkan kedaulatan negara, Len Industri meluncurkan inovasi elektronika pertahanan yaitu Radar Len-S200, Radio Militer LenSTRAD-M5 (Handheld) dan Len HDR20-M (Manpack).

"Kiprah Len Industri saat ini tak lepas dari peran anak bangsa dengan semangat dan komitmen untuk selalu berinovasi menjadikan Len Industri sebagal perusahaan teknologi kelas dunia. Semua bentuk teknologi dan inovasi yang kami ciptakan di Len Industri untuk negeri tak lepas dari peran tim di Len Industri,” kata Direktur Utama PT Len Industri (Persero) Zakky Gamal Yasin.

Menurutnya, perlu disadari bahwa generasi milenial adalah generasi harapan, generasi penerus bangsa, inovator yang mampu bersaing dan mandiri dalam teknologi.

Para anak bangsa inilah kata dia, menjadi roda utama dari pembangunan dan inovasi untuk negeri ini. Tanpa keberadaan mereka, tanpa idealisme dan tanpa semangat mereka roda inovasi Len tidak akan pernah berputar dan mencapai titik saat ini.

Len Industri pun lanjut dia ingin menjadi pelopor perusahaan teknologi yang mengutamakan kecepatan, ketepatan dan disiplin tinggi. Karena menurutnya speed is the new currency of business.

Sebanyak 70 % karyawan Len Industri juga katanya merupakan generasi muda yang akan menjadi penerus bangsa yang terus ditumbuhkan dan didorong semangatnya untuk berinovasi.

Untuk menumbuhkan semangat tersebut, Len Industri menyelenggarakan Len's Breakthrough, Milenovation Award 2018, sebuah kompetisi internal untuk berkreasi dan berinovasi. Program ini menjadi salah satu upaya Len Industri untuk mengembangkan vis dari industri elektronika menjadi industri teknologi kelas dunia yang berdaya saing global.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dea Andriyawan
Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper