Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ilustrasi/Boldsky
Ilustrasi/Boldsky

Bisnis.com, BANDUNG - Tahukah Anda jika pisang yang masih berwarna hijau mempunyai segudang manfaat untuk kesehatan? Pisang berwarna hijau biasanya masih dalam keadaan setengah matang namun tetap enak untuk dikonsumsi.

Pisang ini merupakan sumber serat, vitamin dan mineral yang baik dan mengandung pati yang dapat membantu mengendalikan kadar gula darah.

Pisang yang masih hijau juga baik untuk pencernaan, selain itu juga mengandung pati tahan tinggi dan asam lemak rantai pendek serta mengandung kadar vitamin dan mineral penting yang ditemukan pada pisang yang sudah berwarna kuning.

Nutrisi tersebut meliputi sodium, potassium, serat makanan dan bahkan sejumlah protein. Jadi, tidak salahnya untuk memilih mengonsumsi pisang yang masih berwarna hijau ini.

Untuk lebih lengkap terkait manfaat pisang hijau ini, berikut 10 manfaat pisang tersebut seperti dilansir Boldsky:

1. Membantu meningkatkan penyerapan gizi

Penelitian menyatakan mengosumsi pisang hijau dapat membantu kesehatan usus berkat asam lemak rantai pendek yang ada di dalamnya. Jenis asam lemak ini dapat meningkatkan kemampuan tubuh menyerap nutrisi, terutama kalsium.

2. Membantu mengatur tekanan darah

Dalam pisang juga ditemukan kalium berfungsi sebagai vasodilator, yang berarti dapat menurunkan ketegangan pembuluh darah dan arteri. Hal ini dapat membantu mencegah kondisi seperti serangan jantung dan stroke.

3. Membantu pencernaan

Sementara tingginya kadar pati di pisang hijau membuat buah ini sangat baik untuk pencernaan. Ini juga karena pisang itu mengandung serat makanan yang dapat membantu mencegah kembung.

4. Obat diare

Pisang hijau memiliki kemampuan untuk mengobati dan mencegah diare. Sebab buah ini dapat membantu mengurangi kuman dalam tubuh.

5. Membantu pengidap diabetes

Orang yang menderita diabetes tipe 2 dapat memasukkan pisang hijau ke dalam makanan mereka.

Jika anda diet karena terkena diabetes, maka makanlah pisang hijau yang direbus. Rebus mengandung gula dalam jumlah sedikit sehingga tak berbahaya dimakan hingga kenyang.

6. Meningkatkan metabolisme

Pisang hijau mengandung mineral dan nutrisi penting yang dapat membantu mengoptimalkan metabolisme dengan menyediakan basis karbohidrat kompleks yang stabil untuk energi. Pisang hijau juga bisa mempercepat proses pembakaran kalori dalam tubuh.

7. Pengendali gula darah

Pisang hijau mengandung vitamin B6 tinggi, yang mengandung 39 persen dari nilai yang dianjurkan setiap hari. Vitamin B6 memainkan peran penting dalam lebih dari 100 reaksi enzimatik dalam tubuh Anda.

Vitamin B6 diperlukan untuk pembentukan hemoglobin dan membantu pengendalian gula darah.

8. Mencegah kanker ginjal

Anda akan takjub mengetahui bahwa pisang hijau mentah membantu menjaga ginjal dan membuat elektrolit tubuh seimbang. Mengonsumsi pisang mentah lebih sering akan mencegah kanker ginjal.

9. Mengandung bakteri probiotik

Bakteri probiotik sangat baik untuk usus Anda. Pisang hijau adalah makanan yang sempurna untuk bakteri baik. Bakteri ini hidup di usus Anda, dan mengonsumsi pisang hijau akan membantu mencapai perut dan saluran pencernaan yang lebih sehat.

10. Mendukung fungsi ginjal

Anda akan takjub mengetahui bahwa pisang hijau membantu dalam menjaga ginjal yang tepat. Pisang ini dapat membantu menjaga keseimbangan elektrolit tubuh dan mendukung fungsi ginjal yang sehat.

Mengonsumsi pisang ini secara teratur akan mencegah masalah ginjal, terutama kanker ginjal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ilham Budhiman
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper