Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ilustrasi/Boldsky
Ilustrasi/Boldsky

Bisnis.com, BANDUNG - Bawang merah ternyata merupakan salah satu solusi paling efektif untuk semua masalah yang berkaitan dengan pertumbuhan rambut seperti kerontokan.

Bawang merah yang diolah menjadi jus bawang kaya akan belerang, yang memperlambat penipisan dan pemutusan rambut. Kaya akan antioksidan, jus bawang diketahui bisa menyembuhkan uban prematur.

Jus bawang juga membantu meningkatkan sirkulasi darah ke kulit kepala, memastikan folikel rambut menerima jumlah nutrisi dan makanan yang diperlukan.

Sebagai tambahan, jus bawang dapat digunakan dengan sejumlah bahan lain, tergantung pada kebutuhan kita. Jus bawang memang terbukti untuk menghilangkan uban, meningkatkan pertumbuhan rambut dan menjaga kesehatan kulit kepala, rambut dan folikel rambut secara keseluruhan.

Berikut adalah beberapa cara di mana jus bawang dapat digunakan untuk pertumbuhan rambut seperti dilansir Boldsky:

1. Jus bawang

Anda bisa mengolah bawang dalam bentuk jus lalu teteskan sari-sarinya ke kulit kepala. Pijat dengan lembut kulit kepala Anda dan biarkan selama lima belas menit sebelum mencucinya dengan sampo. Anda bisa mengulangi proses ini setiap hari.

2. Jus jahe dan bawang

Jahe dikenal memiliki sifat anti peradangan. Kombinasi antara bawang dan jahe dapat merangsang pertumbuhan rambut sekaligus mencegahnya dari kerontokan hingga beragam masalah rambut lainnya.

Cara pembuatannya pun sangat mudah, Anda hanya perlu mencampurkan kedua bahan ini lalu aduk rata dan oleskan ke kulit kepala. Biarkan selama 30 menit sebelum mencucinya dengan sampo.

3. Minyak zaitun dan bawang

Kombinasi keduanya adalah resep terbaik dalam mengatasi ketombe sekaligus mempercepat pertumbuhan rambut.

Oleskan campuran ini ke kulit kepala dan pijat dengan lembut dalam gerakan melingkar. Biarkan selama dua jam sebelum membilasnya dengan air.

4. Madu dan bawang

Madu terkenal sebagai pelembab alami. Ramuan ini sangat cocok bagi Anda pemilik rambut kering. Cara pakainya pun sangat mudah.

Anda bisa melumatkan bawang dan mencampurnya dengan madu lalu dioleskan ke rambut. Biarkan selama satu jam mencucinya dengan sampo.

5. Minyak kelapa dan bawang

Ramuan ini sangat tepat bagi Anda yang mendambakan rambut panjang berkilau. Cara penggunaannya pun sangat mudah yakni dengan mencampurkan kedua bahan ini lalu oleskan ke kulit kepala.

Ulangi proses ini seminggu sekali untuk mendapatkan hasil yang menakjubkan.

6. Telur dan bawang

Telur mengandung sebagian besar nutrisi yang dibutuhkan untuk rambut sehat, baik itu protein, asam lemak esensial atau vitamin D. Jika Anda terganggu oleh baunya, tambahkan beberapa tetes minyak esensial favorit Anda, atau cobalah minyak esensial rosemary atau lavender.

Cara penggunaannya, kocok telur dan jus bawang (bisa bawang putih) sampai Anda mendapatkan campuran yang halus. Terapkan campuran ini dari akar ke ujung dan biarkan selama minimal tiga puluh menit.

Pastikan untuk mencuci dengan air dingin, karena juga akan membantu mengendalikan bau telur. Ramuan ini bisa digunakan dua kali seminggu.

7. Jus lemon dan bawang

Lemon sangat efektif untuk melawan ketombe karena antibakteri dan antijamurnya. Kombinasikan kedua bahan, oleskan ke seluruh kulit kepala dan pijat dengan lembut.

Anda mungkin merasakan sensasi kesemutan karena asam sitrat dalam lemon. Biarkan selama satu jam dan kemudian bersihkan dengan sampo hingga bersih.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ilham Budhiman
Editor : Ajijah
Sumber : Boldsky
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper