Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mentimun/Inmagine
Mentimun/Inmagine

Bisnis.com, BANDUNG - Air mentimun memiliki manfaat tak terduga untuk kesehatan. Air mentimun membantu dalam proses detoksifikasi dan membersihkan semua racun, yang membantu penurunan berat badan. 

Mencampurkan potongan mentimun ke dalam segelas air mineral adalah cara terbaik untuk mengonsumsi vitamin dan mineral. Ini adalah pengganti yang baik untuk minuman manis dan membuat Anda terhidrasi.

Mentimun dikemas dengan vitamin, mineral, serat makanan dan fitonutrien yang membantu menjaga kesehatan tubuh dan pikiran. Anda pasti bertanya-tanya bagaimana mentimun membantu penurunan berat badan?

Air Mentimun atau mentimun detoks air rendah kalori dan tinggi serat. Ini membuat tambahan yang bagus untuk diet Anda selama penurunan berat badan karena membantu menjauhkan dari rasa lapar yang terus-menerus.

Selain itu, mentimun kaya akan vitamin B, potasium, magnesium dan juga penuh antioksidan. Berikut 10 manfaat air mentimun saat diminum di pagi hari dilansir Boldsky:

1. Mengandung Antioksidan

Antioksidan adalah zat yang mencegah kerusakan sel akibat stres oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas. Mentimun penuh dengan antioksidan seperti vitamin C, beta karoten, mangan dan beberapa antioksidan flavonoid lainnya.

2. Mencegah Kanker

Selain antioksidan, mentimun juga memiliki senyawa yang disebut cucurbitacins dan sekelompok nutrisi yang disebut lignans, yang diketahui memainkan peran utama dalam melindungi Anda dari kanker.
Sebuah diet flavonoid fisetin yang ditemukan dalam mentimun bisa membantu memperlambat perkembangan kanker prostat.

3. Menurunkan Tekanan Darah

Penyebab utama tekanan darah tinggi adalah terlalu banyak konsumsi garam dalam makanan Anda dan terlalu sedikit potasium. Kelebihan garam menyebabkan tubuh Anda menahan cairan, yang meningkatkan tekanan darah Anda.

Kalium dalam mentimun adalah elektrolit yang membantu mengatur jumlah sodium yang ditahan oleh ginjal.

4. Membantu Kulit Sehat

Air Mentimun ini dikenal bisa membantu menjaga kulit Anda dari dalam dan juga dari luar.

Menjaga tubuh terhidrasi akan membantu menghilangkan racun dari tubuh Anda. Ini mengandung vitamin B5 yang mempromosikan kulit yang sehat.

5. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Mentimun tinggi vitamin K dan bisa memberi Anda 19 persen nilai yang dianjurkan setiap hari.

Vitamin K diperlukan untuk membantu membentuk protein yang dibutuhkan untuk membuat tulang dan jaringan yang sehat serta untuk membantu bekuan darah Anda dengan benar.

6. Membantu Menurunkan Berat Badan

Ganti minuman bergula, minuman olahraga dan soda diet dengan air mentimun yang bisa membantu Anda mengurangi beberapa kalori dari makanan Anda.

Ini meningkatkan metabolisme Anda dan mengurangi nafsu makan Anda dan memberi Anda perasaan kenyang.

7. Membantu Kesehatan Otot

Hal ini diperlukan untuk menjaga otot Anda kuat saat Anda menua. Kandungan silika dalam mentimun tidak hanya bagus untuk kulit Anda tapi juga membantu kesehatan jaringan otot Anda.

Minum air mentimun setiap hari membantu dalam pemulihan otot, hidrasi setelah berolahraga dan kesehatan fisik secara keseluruhan.

8. Meningkatkan Kesehatan Otak

Kandungan fisetin dalam air mentimun adalah flavonol anti-inflamasi yang membantu memperbaiki fungsi otak dan memori. Ini membuat otak Anda lebih sehat dan lebih muda.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ini membantu pasien Alzheimer mempertahankan fungsi kognitif.

9. Mencegah Bau Mulut

Ketimun memiliki efek pendinginan pada tubuh, yang bisa mencegah Anda terkena bau mulut. Bau mulut disebabkan oleh panas yang berlebihan di perut.

Air mentimun meningkatkan air liur dan menghilangkan bakteri penyebab bau di dalam mulut.

10. Melancarkan Pencernaan

Sistem pencernaan yang buruk membuat banyak masalah kesehatan seperti gangguan pencernaan dan gastritis. Minum air mentimun membantu menjaga pencernaan yang baik karena kandungan serat makanannya yang tinggi.

Kulit mentimun mengandung serat yang tidak larut, yang membantu makanan bergerak melalui saluran pencernaan Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ilham Budhiman
Editor : Ajijah
Sumber : Boldsky
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper