Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ternyata Pare Bisa Bikin Wajah Kinclong, Ini Caranya

Pada umumnya pare dikenal sebagai makanan yang pahit. Maka tak heran banyak orang yang tidak menyukainya. Namun, di balik kepahitannya ternyata pare mengandung banyak manfaat. Apa saja?
Ilustrasi pare/Boldsky
Ilustrasi pare/Boldsky

Bisnis.com, BANDUNG - Pada umumnya pare dikenal sebagai makanan yang pahit. Maka tak heran banyak orang yang tidak menyukainya. Namun, di balik kepahitannya ternyata pare mengandung banyak manfaat. Apa saja?

Manfaat tersebut salah satunya adalah membuat wajah kinclong. Dikemas dengan banyak vitamin dan mineral yang sangat baik, pare bermanfaat untuk kulit.

Pare mengandung vitamin C, zat besi, beta karoten, kalium, magnesium, kalsium, dll, yang sebenarnya baik untuk tubuh dan kulit. Ini membantu dalam menjaga tingkat gula darah, menurunkan kolesterol, membersihkan hati, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan membantu penurunan berat badan.

Sedangkan untuk kulit, pare membantu mengobati jerawat karena khasiat antimikroba dan anti-inflamasinya, mengobati keriput, karena serum yang terkandung di dalamnya membantu mengurangi garis-garis halus, dan mengurangi ruam panas.

Dilansir Boldsky, agar membuat kulit kinclong tersebut pun tidak harus dimakan atau meminumnya sebagai jus. Tapi, Anda bisa mencampurnya dengan bahan yang berbeda dengan membuat masker dan mengoleskannya pada kulit.

Dengan cara tersebut, Anda bisa mendapatkan kulit yang sehat dan bercahaya. Berikut cara menggunakan pare untuk membuat wajah kinclong.

1. Pare, Jus Nipis, Tomat

Tomat bisa menutup pori-pori besar pada kulit, mengurangi jerawat dan ruam, dan memberi cahaya pada kulit kusam. Jeruk nipis memiliki khasiat pemutih alami.

Kandungan asam di dalam air jeruk nipis mengeluarkan sel kulit mati dan mengurangi produksi minyak berlebih dari kulit.

Blender semua jadi satu. Tambahkan satu tomat, pare, dan perasan jeruk nipis. Oleskan campuran ini secara merata pada wajah dan leher. Diamkan selama satu malam, lalu bilas di pagi hari. Ulangi beberapa kali untuk hasil maksimal.

2. Pare, Kuning Telur, dan Yogurt

Kuning telur mengandung berbagai nutrisi yang menghidrasi, menyehatkan, dan melembabkan kulit. Sehingga dapat membuat kulit wajah lembut dan kenyal. Yogurt mengandung asam laktat yang mengangkat sel kulit mati dan mengencangkan pori-pori.

Tambahkan pare ke dalam blender. Lalu campurkan pada kuning telur dan yogurt di dalam mangkuk. Oleskan secara merata pada wajah dan leher. Biarkan selama 30 menit lalu bilas dengan air hangat.

3. Pare dan Kulit Jeruk

Kulit jeruk mengandung berbagai khasiat untuk menghilangkan jerawat, kelebihan minyak, kotoran, komedo, dan bakteri.

Keringkan kulit jeruk di bawah sinar matahari selama 1-2 hari. Lalu blender pare ditambah kulit jeruk. Oleskan ke wajah dan pijat selama 10 menit. Bilas dengan air hangat.

4. Pare dan Mentimun

Mentimun memiliki kandungan air yang tinggi sehingga kulit tetap terhidrasi. Meredakan iritasi dan mengurangi pembengkakan akibat jerawat.

Blender mentimun dan pare hingga menjadi pasta lalu oleskan pada wajah dan leher. Biarkan selama 10-15 menit. Bilas dengan air hangat.

5. Pare, Lidah Buaya, Madu

Lidah buaya mengandung berbagai khasiat untuk mengatasi iritasi kulit dan luka. Selain itu, juga berfungsi sebagai pelembab yang baik untuk kulit berminyak. Lidah buaya mengandung beta-karoten, vitamin C dan E, yang membuat kulit tetap kencang.

Madu mengandung sifat antioksidan, antiseptik, dan antibakteri yang menghilangkan kotoran dan komedo dari kulit. Madu juga membuat kulit tetap terhidrasi dan memperlambat proses penuaan.

Potong 3-4 irisan pare tanpa biji. Lalu campur dengan gel lidah buaya di dalam blender, masukkan kemudian tambahkan 1 sendok teh madu. Oleskan selama 15 menit kemudian bilas dengan air hangat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ilham Budhiman
Editor : Kahfi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper