Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Katak Ini Mampu Memangsa Dinosaurus

Seekor katak sebesar bola pantai yang hidup 70 juta tahun yang lalu, memiliki gigitan yang cukup kuat untuk melahap dinosaurus yang berukuran kecil. Katak purba ini bernama Beelzebufo ampinga atau dikenal juga dengan katak iblis, katak terbesar yang pernah diketahui oleh manusia.
Ilustrasi katak Beelzebufo ampinga / Daily Mail
Ilustrasi katak Beelzebufo ampinga / Daily Mail

Bisnis.com, BANDUNG - Seekor katak sebesar bola pantai yang hidup 70 juta tahun yang lalu, memiliki gigitan yang cukup kuat untuk melahap dinosaurus yang berukuran kecil. Katak purba ini bernama Beelzebufo ampinga atau dikenal juga dengan katak iblis, katak terbesar yang pernah diketahui oleh manusia.

Dilansir oleh Science Alert, katak purba ini memiliki kemiripan dengan katak jenis Ceratophrys modern yang memiliki badan bulat dan mulut yang sangat besar.

Katak Ceratophrys, yang dijuluki katak Pacman, inilah yang peneliti pelajari untuk menentukan kekuatan gigitan Beelzebufo dengan menggunakan skala perbandingan kekuatan.

Para peneliti menggunakan alat transduser berupa dua plat yang dilapisi kulit untuk mengukur tekanan pada rahang katak. Saat seekor katak menggigit plat, transduser akan mengkalkulasi kekuatan gigitan dengan akurat.

Seekor katak Ceratophrys dengan lebar kepala 4,5 cm, memiliki kekuatan gigitan 30 Newton atau sekitar 3 kg. Hal ini memungkinkan katak untuk menjepit dan tidak melepaskan mangsanya menggunakan rahang kuatnya, setelah menangkap mangsa dengan lidah lengketnya.

Salah satu peneliti, Marc Jones, dari University of Adelaide dan South Australian Museum mengatakan bahwa katak Ceratophrys tidak seperti katak pada umumnya yang memiliki rahang lemah dan biasanya mengonsumsi mangsa yang kecil. 

"Katak bertanduk memangsa hewan sebesar tubuhnya. Seperti kodok, ular, dan tikus. Rahang kuat yang mereka miliki memainkan peran penting dalam meraih dan menaklukkan mangsanya," kata Marc Jones seperti dilansir di Science Alert.

Metode ini digunakan untuk menentukan kekuatan gigitan katak yang memiliki ukuran lebih besar, karena kekuatan gigitan dengan ukuran tubuh dan kepala memiliki hubungan. Cara ini juga diterapkan pada hewan lain, seperti ikan, reptil, dan hewan pengerat. Hasilnya, sangat akurat.

Jadi, para peneliti menggunakan hasil pengukuran kekuatan rahang pada katak Ceratophrys untuk mengukur kekuatan gigitan Beelzebufo ampinga.

Beelzebufo ampinga dengan ukuran mulut sekitar 15,4 cm, memiliki kekuatan gigitan hingga 2.200 newton atau sekitar 224 kg. Kekuatan ini sama dengan kekuatan kura-kura. Jika, kura-kura memiliki ukuran kepala sebesar B ampinga, maka kura-kura mampu mematahkan jari manusia.

"Dengan kekuatan gigitan sebesar ini, Beelzebufo akan mampu menundukkan dinosaurus kecil atau remaja yang berbagi lingkungan dengannya," kata Jones.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ihya Ulum Aldin
Editor : Kahfi
Sumber : Science Alert
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper