Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

5 Makanan Amerika yang Bukan Berasal dari Amerika

Amerika Serikat identik dengan hamburger, donat, pie, atau pun hot dog. Tapi, apa benar itu merupakan makanan yang berasal dari Amerika Serikat?
Ilustrasi/Reuters
Ilustrasi/Reuters

Bisnis.com, BANDUNG - Amerika Serikat identik dengan hamburger, donat, pie, atau pun hot dog. Tapi, apa benar itu merupakan makanan yang berasal dari Amerika Serikat?

Amerika Serikat sendiri terhitung negara baru dan terbangun dari beberapa imigran, jadi memang sulit untuk mengklaim beberapa makanan merupakan milik AS. Makanan erat kaitannya dengan budaya dan sejarah hingga bisa dianggap khas suatu daerah.

Huffington Post melansir makanan-makanan yang dianggap berasal dari Amerika Serikat tapi ternyata berakar dari tempat yang jauh dari negara tersebut. Inilah daftarnya:

1. Hamburger - Jerman

Nama hamburger membuat kita berpikir bahwa itu berasal dari daging ham. Namun, nama hamburger berasal dari kota Hamburg, Jerman. Hamburger sendiri memiliki arti "makanan dari Hamburg" yang dibawa oleh imigran kota Hamburg ke Amerika Serikat.

2. Donat - Belanda

Donat dan kopi merupakan sarapan yang disukai oleh orang Amerika Serikat. Tapi donat berasal dari Belanda. Belanda memperkenalkan makanan ke kota New York (yang dulu masih bernama New Amsterdam) yang bernama olykoeks (yang berarti roti berminyak). Makanan ini versi tidak bolongnya donat.

3. Hot Dog - Jerman

Hot dog berakar dari Jerman. Buktinya nama jenis sosis yang dipakai untuk membuat hot dog bernama frankfurter, ya sosis tersebut memang berasal dari Frankfurt, Jerman. Orang Amerika hanya menambahkan roti sebagai ganti piring waktu itu.

4. Ayam Goreng Tepung - Cina, Timur Tengah, dan Afrika Barat

Makanan ini memiliki penggemar yang banyak, bahkan Presiden Donal Trump pun juga menyukainya. Namun makanan ini tenyata berasal dari negara lain. Saat resep tepung untuk melapisi ayam ditemukan oleh orang-orang Afrika dan sempat menjadi identik dengan orang kulit hitam, makanan ini sudah berubah menjadi makanan yang sangat populer di dunia.

5. Pai - Inggris

Inggris merupakan negara asal pai. Resep pertama yang ditulis, tercatat pada tahun 1381. Tentu saja, resep pai apel ini sangat berbeda dari apa yang kita ketahui dan sukai di Amerika saat ini. Dulunya, pai merupakan penutup yang berfungsi sebagai  pelembab agar makanan tidak cepat basi. Namun ternyata setelah dimodifikasi di Inggris, makanan ini menjadi terkenal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ihya Ulum Aldin
Editor : Ajijah
Sumber : Huffington Post
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper