Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hindari Kebutaan pada Warganya, Emil Akan Kirimkan Tim Penanganan Tingkat Kelurahan

Menteri Kesehatan Nila F. Moeloek menggalang Kampanye Pupil Putih di Rumah Sakit Pusat Mata Nasional (PMN) Cicendo, Minggu (5/2/17). Wali Kota Bandung Ridwan Kamil pun turut hadir dalam kampanye tersebut.
Wali Kota Bandung Ridwan Kamil/Diskominfo
Wali Kota Bandung Ridwan Kamil/Diskominfo

Bisnis.com, BANDUNG--Menteri Kesehatan Nila F. Moeloek menggalang Kampanye Pupil Putih di Rumah Sakit Pusat Mata Nasional (PMN) Cicendo, Minggu (5/2/17). Wali Kota Bandung Ridwan Kamil pun turut hadir dalam kampanye tersebut. 

Kampanye yang digerakkan untuk mengurangi pengidap Retiniblastoma atau pupil putih terutama di kalangan anak-anak tersebut dilaksanakan karena banyaknya pasien penderita penyakit itu sudah dalam stadium lanjut dan terlambat terdeteksi, demikian seperti dilansir rilis resmi Rumah Sakit PMN Cicendo.

Retinoblastoma merupakan tumor ganas mata yang paling sering terjadi pada anak. Gejala yang timbul ditandai dengan adanya leukocoria (pupil putih) atau seperti "mata kucing". Insidensi Retinoblastoma berkisar antara 1:16.000 dan 1:18.000 kelahiran hidup. Penyakit ini bukan hanya mengancam pengelihatan tetapi juga bisa menyebabkan kematian.

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mendukung penuh kampanye ini serta menyatakan akan turut menyukseskan kampanye tersebut di tingkat kota. "Dari 9000 kebutaan, ternyata 8000 bisa disembuhkan. Tapi karena pengetahuannya kurang maka terjadilah angka itu." katanya.

Kampanye ini dilaksanakan bertujuan agar masyarakat bisa lebih sadar atas gejala-gejala awal pada Retinoblastoma sehingga penanganannya dapat segera ditindaklanjuti. Biasanya, persoalan hadir ketika orang tua atau orang-orang di sekitar penderita mengabaikan gejala-gejala yang muncul.

"Kita akan memastikan itu tidak terjadi di Kota Bandung," kata dia.

Oleh karena itu, Pemerintah Kota Bandung sendiri akan proaktif untuk terjun ke masyarakat guna melakukan deteksi awal dan memberikan sosialisasi. Dia akan memerintahkan jajarannya agar ada petugas yang berkeliling ke kewilayahan.

"Kita akan mengirimkan tim sekitar 5 orang di kelurahan-kelurahan untuk menemukan mereka-mereka yang terkena kebutaan yang bisa disembuhkan," jelasnya.

Kampanye Pupil Putih ini juga merupakan bagian dari gerakan global Vision 2020 yang dicanangkan oleh World Health Organization (WHO) yang dimulai sejak 1999 lalu. Rumah Sakit PMN Cicendo mencanangkan program kampanye tersebut dalam rangkaian puncak peringatan Hari Ulang Tahun rumah sakit tersebut yang ke-108.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ilham Budhiman
Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler