Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

9 Negara Terbaik yang Memerangi Korupsi, Indonesia Termasuk?

World Economic Forum 2017 telah merilis "Inclusive Growth and Development Report"--sebuah laporan bagaimana bangsa-bangsa di seluruh dunia dapat memastikan bahwa bisnis dan fungsi lembaga mereka berjalan seefisien mungkin termasuk dalam memerangi korupsi.
Ilustrasi/Reuters
Ilustrasi/Reuters

Bisnis.com, DAVOS - World Economic Forum 2017 telah merilis "Inclusive Growth and Development Report"--sebuah laporan bagaimana bangsa-bangsa di seluruh dunia dapat memastikan bahwa bisnis dan fungsi lembaga mereka berjalan seefisien mungkin termasuk dalam memerangi korupsi.

Laporan WEF menyatakan, suara hukum dan lembaga, mendukung alokasi sumber daya yang efisien serta kesempatan yang sama dalam mencegah korupsi.

Untuk itu, WEF memberikan peringkat bagi negara-negara yang berjuang dalam memerangi korupsi, etika lingkungan politik dan bisnis.

Inilah daftarnya:

9. Denmark skor 5.27
Pada 2015, Denmark terpilih sebagai negara yang paling transparan di dunia oleh Transparency International, dan memperoleh skor tinggi dalam analisis WEF.

8. Singapura skor 5.27
Singapura adalah salah satu negara yang paling maju di Asia, dan telah melakukan upaya besar untuk memerangi korupsi yang dipelopori oleh Corrupt Practices Investigation Bureau.

7. Swiss skor 5.32
Di Swiss, perusahaan dapat dituntut pidana dan diperintahkan untuk membayar denda hingga CHF 5 juta (kode mata uang Swiss) untuk tindakan korupsi yang dilakukan oleh individu.

6. Selandia Baru skor 5.36
Menurut Independent Commission Against Corruption, Selandia Baru tidak memiliki satu lembaga tunggal yang bertugas memerangi korupsi.Melainkan memiliki sejumlah lembaga yang fokus pada unsur-unsur yang berbeda dalam memerangi korupsi.

5. Norwegia skor 5.39
Menurut GAN’s business anti-corruption portal, Norwegia mengkriminalisasi suap aktif dan pasif, seperti dalam perdagangan, penipuan, pemerasan, pelanggaran kepercayaan dan pencucian uang.

4. Finlandia skor 5.42
Finlandia telah secara konsisten sebagai salah satu negara paling antikorupsi di dunia. hal itu membuat Finlandia berada di peringkat ke-empat.

3. Swedia skor 5.50
Korupsi di Swedia diawasi oleh Satuan National Anti-Korupsi di negara itu. Di negara Skandinavia, korupsi didefinisikan sebagai "penyalahgunaan kekuasaan" oleh pejabat manapun.

2. Jepang skor 5.57
Jepang adalah salah satu negara paling tidak korup di dunia. Namun, menurut GAN "ada praktik tradisional (dikenal sebagai amakudari) yang menugaskan kembali para pensiunan pejabat pemerintah untuk bekerja kepada perusahaan swasta di Jepang. Para Amakudari ini umumnya bekerja pada sektor industri keuangan, konstruksi, transportasi dan farmasi. "

1. Luxembourg skor 5.62
Luxembourg berada di puncak peringkat WEF, meskipun baru-baru ini portal berita The Guardian menyatakan bahwa mantan Perdana Menteri Jean-Claude Juncker yang sekarang menjabat Presiden Komisi Eropa ini diam-diam memblokir upaya Uni Eropa untuk mengatasi penghindaran pajak oleh perusahaan multinasional.

(K19)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ilham Budhiman
Editor : Ajijah
Sumber : Bussines Insider
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper