Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tips Wisata ke Taman Nasional Tangkoko Sulut

Taman Nasional Tangkoko Dua Sudara terletak di utara Pelabuhan Samudera Bitung tepatnya di kaki Gunung Dua Saudara, sekitar 60 km dari Kota Manado.
Tarsius di Taman Nasional Tangkoko
Tarsius di Taman Nasional Tangkoko

Bisnis.com, JAKARTA-- Taman Nasional Tangkoko Dua Sudara terletak di utara Pelabuhan Samudera Bitung tepatnya di kaki Gunung Dua Saudara, sekitar 60 km dari Kota Manado.

Area seluas 90 km persegi ini menggabungkan garis pantai yang panjang dan perairan dengan terumbu karang yang indah.

Di Taman Nasional Tangkoko Anda dapat melihat beragam ekosistem, yaitu pantai, hutan,  dan pegunungan.

Untuk menuju Taman Nasional Tangkoko maka Anda perlu mengarahkan tujuan ke Bitung yaitu sekitar 70 km dari Manado ibu kota Sulawesi Utara. Perlu waktu 1 jam berkendara dari Manado ke Bitung kemudian 45 menit lagi ke Batuputih sebagai destinasi menarik di Tangkoko.

Untuk akses menuju taman nasional ini, jalannya sudah diaspal dan dapat dilewati mobil.

Anda dapat menumpang bus umum selama 1,5 jam dari Paal II Manado ke terminal Tangkoko di Bitung. Berikutnya turunlah di Girian untuk melanjutkan perjalanan 1 jam dengan kendaraan umum bak terbuka. Alternatif lain adalah menyewa mobil.

Tips

Persiapkan semua bekal Anda selama trekking, terutama sepatu gunung dan peralatan naik gunung.

Waktu untuk melihat tarsius adalah saat menjelang malam terutama sore hari saat mereka keluar untuk mencari makanan dengan berpindah dari satu pohon ke  pohon yang lain.

Tarsius termasuk hewan langka yang kecil dan pemalu jadi Anda perlu cermat mengamatinya dan lebih penting apabila Anda meminta seorang pemandu yang mengenal tempat ini untuk menunjukan lokasinya.

Tangkoko dihuni oleh banyak serangga yang disebut dengan gonones atau agas. Apabila serangga ini menggigit bisa menyebabkan bintik-bintik merah di kemudian hari. Oleh sebab itu selalu kenakan celana panjang dan kaus kaki, kenakan sepatu tertutup serta lotion anti serangga.

Sumber: Indonesia Travel

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Bisnis.com
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper