Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Penyebab Bau Mulut dan Tips Mengatasinya

Bau mulut seringkali jadi masalah yang mengganggu bagi seseorang, sebenarnya apakah penyebab bau mulut ini dan bagaimana mengatasinya? Berikut ini penjelasannya.
Ilustrasi bau mulut/Dailymail.co.uk
Ilustrasi bau mulut/Dailymail.co.uk

Bisnis.com, BANDUNG – Bau mulut seringkali jadi masalah yang mengganggu bagi seseorang, sebenarnya apakah penyebab bau mulut ini dan bagaimana mengatasinya? Berikut ini penjelasannya.

Drg. Herry Hermawan dari Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Cimahi menjelaskan bau mulut dipengaruhi 3 bagian dalam tubuh yaitu lambung, rongga mulut, dan paru-paru.

“Untuk penderita lambung kronis pasti bau mulut karena dari asam lambung. Kemudian, bagi penderita masalah paru-paru seperti infeksi paru dimana ada bakteri yang menyebabkan bau mulut dan dari mulut sendiri, seperti bakteri di gigi berlubang,” ujar drg. Herry di Bandung beberapa waktu lalu.

Drg. Herry menambahkan untuk mencegah bau mulut ini, ketiga bagian tersebut yaitu lambung, paru-paru, dan mulut harus dijaga kesehatannya, termasuk dengan melakukan sikat gigi dengan bersih. Ia pun tidak menyarankan penggunaan obat kumur secara berlebihan karena dapat merusak bakteri yang bermanfaat di mulut.

“Sebenarnya bakteri dalam mulut tetap harus ada dalam batas-batas normal. Obat kumur dapat menyebabkan bakteri yang harusnya ada bisa mati padahal ada bakteri untuk menghancurkan sisa makanan,” ujarnya.

Drg. Herry memiliki tips dengan bahan tradisional untuk dapat menghilangkan masalah bau mulut ini.

 “Ada cara efektif yaitu dengan cengkeh yang dimasukan ke dalam air mendidih sekitar seperempat gelas, kemudian digunakan sebagai air kumur, selain menghilangkan bau mulut juga dapat menghilangkan linu,” ujarnya. (k5)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper