Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hindari Makanan Ini Sebelum Olahraga

-Para ahli telah mengumpulkan daftar makanan yang menghalangi tubuh dalam menahan aktivitas fisik yang intens. Makanan-makanan ini sebaiknya dihindari sebelum melakukan olahraga.
Reuters
Reuters

Bisnis.com, BANDUNG--Para ahli telah mengumpulkan daftar makanan yang menghalangi tubuh dalam menahan aktivitas fisik yang intens. Makanan-makanan ini sebaiknya dihindari sebelum melakukan olahraga.

Seringkali kita mendengar istilah “tubuh adalah sebuah mesin”. Jika diberi asupan yang tepat, maka tubuh akan berfungsi dengan baik dan dapat menjalankan aktivitas fisik yang berat seperti latihan di gym atau berlari jarak jauh. Jika makanan yang disantap tidak tepat, tubuh akan berhenti layaknya kehabisan bahan bakar.

Berikut adalah produk makanan yang kurang tepat dikonsumsi sebelum berolahraga.

1. Susu

Susu mengandung gula yang lambat untuk dicerna. Hal ini dapat menyebabkan gangguan perut pada beberapa orang yang melakukan olahraga. Begitupun dengan yogurt. Namun, 2% yogurt merupakan makanan yang baik dikonsumsi saat pemulihan setelah berolahraga karena yogurt menyediakan nutrisi penting untuk tubuh seperti protein, lemak, dan karbohidrat.

2. Alkohol

Ini adalah produk yang jelas harus dihindari saat ingin berolahraga. Karena tenaga fisik yang intens, sistem saraf manusia memerlukan koordinasi dan aktivasi dari serat otot. Kafein mampu memperkuat proses ini, tetapi alkohol malah memperlambat.

3. Pasta

Tujuan mengkonsumsi makanan yang kaya karbohidrat adalah untuk meningkatkan jumlah glikogen di otot, agar tubuh mendapat asupan energi. Namun, jumlah karbohidrat yang berlebihan justru menyebabkan efek sebaliknya. Bukannya meningkatkan energi, tubuh kita malah dihadapkan dengan penurunan energi.

4. Makanan dan minuman rendah kalori

Setiap jenis "light soda" mengandung pemanis buatan yang tidak dicerna oleh tubuh dan menghasilkan efek relaksasi. Makanan dan minuman ini termasuk soda, air yang diperkaya dengan vitamin, minuman energi, dan beberapa protein bar yang berisi peringatan tentang kemampuan produk tersebut dalam mengganggu kinerja usus.

5. Kacang dan buah-buahan kering

Makanan ini sepertinya menjadi pilihan yang baik bagi mereka yang punya beban tahan lama. Kacang, biji-bijian, dan buah-buahan kering memiliki serat tinggi. Namun, serat sangat sering menyebabkan gangguan usus jika dikonsumsi sebelum melakukan aktivitas fisik.

6. Makanan yang digoreng

Mengandung lemak dalam jumlah besar, makanan ini sangat lambat bergerak di saluran pencernaan. Tubuh menjadi sangat sulit dalam memecah molekul lemak, sehingga menggunakan banyak energi yang diperlukan juga untuk latihan atau olahraga.

7. Alpukat

Alpukat memang mengandung nutrisi yang beguna bagi tubuh, termasuk serat dan lemak yang tidak dibutuhkan sebelum berolahraga. Tinggalkan buah ini dan makanlah saat pemulihan setelah olahraga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Newswire
Sumber : geniusbeauty
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper