Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Praktik Mindfulness, Apakah Itu?

Ahli kesadaran Will Williams menilai setiap orang akan mendapatkan manfaat dari praktik mindfulness.

Ahli kesadaran Will Williams menilai setiap orang akan mendapatkan manfaat dari praktik mindfulness.

“Ini bisa jadi membantu khususnya untuk perempuan paruh baya, karena ketidakseimbangan hormon selama atau menjelang menopause dapat ditolong dengan melakukan meditasi ini secara teratur,” ucapnya.

Apa itu Mindfulness?

Ini merupakan teknik yang mendorong konsentrasi kehati-hatian Anda pada masa yang akan datang, daripada merenungkan masa lalu, atau meresahkan masa depan.

Ini merupakan bentuk meditasi dengan menanggalkan seluruh elemen keagamaan. Banyak kelas, buku, dan aplikasi yang bisa digunakan, tapi salah satu yang paling terkenal adalah Headspace (sebuah website dan aplikasi), yang telah diunggah oleh lebih dari satu juta orang.

Cara yang Paling Baik untuk Melakukannya

Kelas atau aplikasi online gratis bisa menjadi cara bagus untuk memulai, tapi kebanyakan orang lebih menemukan manfaat dari panduan guru dan suasana dalam kelas.

Will Williams merekomendasikan kursus dengan 7-8 jam waktu mengajar untuk mempelajari segala sesuatu yang perlu kamu ketahui. “90% orang yang saya ajarkan masih berlatih mindfulness setiap hari selama beberapa bulan ke depan.”

Menurunkan Berat Badan dengan Mindfulness

Ketika kita stres, kita tidak jarang menginginkan makanan yang penuh lemak, dan gula sebagaimana tubuh menyiapkan dirinya sendiri untuk melakukan tindakan tersebut. Tapi jika Anda tidak benar-benar menggunakan kalori, mereka akan tersimpan sebagai lemak – yang menjadi tidak baik jika Anda memperhatikan berat badan Anda

“Mindfulness membebaskan Anda dari respon stres ini, artinya Anda tidak akan lagi menemukan diri Anda menginginkan makanan yang tidak sehat,” ucap Will. Cobalah latihan kedua, top right, untuk membantu Anda berkonsentrasi pada apa yang Anda masukan pada tubuh Anda.

Apa Manfaatnya?

“Mindfulness berdampak pada seluruh aspek dalam hidup Anda, mulai dari kesehatan mental hingga kesehatan fisik Anda,” ucap Andy Puddicombe, co-creator aplikasi Headspace.

“Ini dapat membantu Anda mengurangi kegelisahan dan stress, meningkatkan tidur Anda,  menambah produktivitas ketika kerja dan mendorong performa fisik Anda dalam olahraga. Bahkan, ini juga membantu meringankan sisi dalam hubungan yang menjadikan Anda lebih sabar, pendengar yang lebih baik, dan mungkin agak lebih baik juga.” Mindfulness juga  telah dianggap sebagai bantuan untuk memperbaiki gejala penyakit seperti arthritis, penyakit kronik dan gangguan fungsi imun.

Jangka Waktu Kemunculan Manfaatnya

Kebanyakan orang biasanya melihat manfaatnya dalam 2-3 minggu dan semakin lama Anda melatihnya, semakin banyak manfaat meningkat,” ucap psikoterapis, Alistair Bond. Para ahli merekomendasikan 10-20 menit melakukan mindfulness, dua kali sehari. Kedengarannya memang banyak, tapi ingat, ini bisa dilakukan di mana pun – di kereta, di kafe, atau di taman.

Cara Memulai:

1.       Bagaimana Menenangkan Diri dan Mengumpulkan Kesadaran Anda

Ini adalah latihan paling mudah untuk mengonsentrasikan perhatian Anda untuk bernapas dengan lembut. Bayangkan ada sehelasi bulu melayang di ujung hidung Anda. Cobalah untuk bernapas dengan lembut hingga bulu tidak bergerak. Satu menit latihan gerakan ini seharusnya cukup untuk membawa pikiran Anda yang tercerai-berai kembali ke titik di mana Anda merasa tenang.

2.       Bagaimana cara Makan dengan Tenang

Ambil sekotak coklat atau kismis dan habiskan setidaknya satu menit untuk memakannya. Sadari aromanya, teksturnya di dalam mulut Anda, dan apa yang Anda rasakan ketika menggigitnya. Lawan dorongan untuk memakan habis makanan itu dalam dua detik, dan ingatlah seluruh sensasinya dalam mulut Anda. Cobalah lakukan hal ini setiap hari dalam seminggu, dan Anda akan kagum melihat bagaimana Anda mengubah seluruh pendekatan untuk memakan sesuatu.

3.       Bagaimana cara Tidur

Pemindaian tubuh merupakan cara paling baik untuk menenangkan diri Anda sendiri sebelum Anda tidur, dan bisa juga membantu Anda tertidur lagi jika Anda terbangun pada malam hari. Konsentrasikan perhatian Anda pada setiap bagian tubuh Anda, mulai dari jari-jari kaki Anda dan bergerak hingga kepala Anda. Bernapaslah pelan-pelan dan dalam dengan mata tertutup, sadari bagaimana rasa setiap bagian tubuh Anda sebelum berpindah ke lainnya. Jika pikiran Anda berkeliaran, bawa kembali pikiran tersebut ke daerah tubuh yang sedang Anda gerakkan.

 Sumber: mirror.co.uk

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper