Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

30 Kepala Negara Konfirmasi Akan Hadiri KAA

Bisnis.com, JAKARTA--Kementerian Luar Negeri RI menyampaikan bahwa sejauh ini sudah sekitar 30 kepala negara dan kepala pemerintahan dari Asia dan Afrika yang mengonfirmasi untuk menghadiri acara pertemuan dan peringatan 60 tahun Konferensi Asia Afrika (KAA).
Newswire
Newswire - Bisnis.com 02 April 2015  |  17:24 WIB
ilustrasi
ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA--Kementerian Luar Negeri RI menyampaikan bahwa sejauh ini sudah sekitar 30 kepala negara dan kepala pemerintahan dari Asia dan Afrika yang mengonfirmasi untuk menghadiri acara pertemuan dan peringatan 60 tahun Konferensi Asia Afrika (KAA).

"Terkait kehadiran, sudah di atas 30 kepala negara (dan kepala pemerintahan) yang 'confirm', dan kami yakin itu akan terus bertambah seiring dengan semakin mendekati hari penyelenggaraan KAA," kata Direktur Kerja sama Intrakawasan Asia Pasifik Afrika Kemlu RI Benjamin Scott Karnadi di Jakarta, Kamis (2/4/2015).

Menurut Ben, negara-negara di Asia Afrika sangat antusias untuk menghadiri KAA, yang dinilai sebagai ajang yang baik untuk berbagi pengalaman tentang kemajuan masing-masing negara.

Dia menyebutkan beberapa kepala negara dan kepala pemerintahan yang telah mengonfirmasi untuk hadir dalam Peringatan 60 tahun KAA, antara lain Raja Swaziland, Raja Vietnam, Presiden Tiongkok, Presiden Sri Lanka, Presiden Iran, Presiden Mozambik, Perdana Menteri Kamboja, Perdana Menteri Singapura, Pemimpin Mahkamah Tertinggi Korea Utara.

Ben menyebutkan bahwa masih ada tiga kepala negara atau kepala pemerintahan negara ASEAN yang belum mengonfirmasi untuk hadir dalam Peringatan 60 tahun KAA.

"Kepala negara ASEAN tentu akan didorong terus untuk hadir, yang belum benar-benar 'confirm' itu ada tiga, tetapi kami yakin setidaknya akan diwakili," ujar dia.

Indonesia telah mengirimkan undangan kepada 109 negara di kawasan Asia-Afrika untuk menghadiri Pertemuan KAA dan Peringatan 60 tahun KAA, yang akan diselenggarakan pada 19-24 April.

Adapun urutan rangkaian acara KAA dan Peringatan 60 tahun KAA yang akan diselenggarakan di Jakarta dan Bandung adalah sebagai berikut.

Pada 19 April akan diadakan Pertemuan pejabat tingkat tinggi (Senior Official Meeting) kawasan Asia-Afrika. Kemudian, pada 20 April akan ada Pertemuan Tingkat Menteri.

Pada 21-22 April, akan diselenggarakan Pertemuan Puncak Bisnis Kawasan Asia-Afrika (Asia-Africa Business Summit).

Pada 22 April, pelaksanaan KTT hari pertama. Pada 23 April pelaksanaan KTT hari kedua, dan direncanakan akan ada jamuan makan malam oleh Presiden RI Joko Widodo untuk para kepala negara.

Pada 24 April, hari terakhir rangkaian pelaksanaan KAA, akan dilakukan "historical walk" (napak tilas) KAA oleh para kepala negara di Bandung.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kabar nasional

Sumber : antara

Editor : Fajar Sidik

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top