Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Emping Tike Asal Indramayu, Memanfaatkan Umbi Rumput Jadi Cemilan Enak

Emping tike yang dibuat sejumlah perajin makanan di Kabupaten Indramayu dari umbi rumput teki cukup digemari karena rasanya gurih dan enak.
Emping tike di toko oleh-oleh khas Indramayu
Emping tike di toko oleh-oleh khas Indramayu

Bisnis.com, INDRAMAYU—Emping tike yang dibuat sejumlah perajin makanan di Kabupaten Indramayu dari umbi rumput teki cukup digemari karena rasanya gurih dan enak.

Rumput teki adalah jenis rumput yang tumbuh bebas dan termasuk dalam tanaman pengganggu karena bisa tumbuh dalam kurun waktu yang sangat cepat, dan berkat tangan-tangan terampil perajin makanan di Indramayu, umbi rumput teki jadi cemilan yang disukai dan memiliki nilai jual yang cukup tinggi.

Harga jual emping teki di toko oleh-oleh khas Indramayu Rp100.000/kg, dan penjual biasanya mengemasnya dalam berbagai ukuran mulai dari ½ kg, dan ¼ kg dengan alasan emping teki dalam kemasan kecil dan sedang lebih disukai konsumen.

Produsen emping tike tersebar di sejumlah kecamatan di Kabupaten Indramayu, ada yang menjualnya secara online dan ada yang memasarkannya di toko oleh-oleh seperti yang ada di Desa Benda Kecamatan Karangampel Kabupaten Indramayu.

Para penjual makanan dan cemilan khas Indramayu di Desa Benda Kabupaten Indramayu kebanyakan menerima barang jadi emping tike dari produsen kemudian mengemasnya dalam berbagai ukuran.

Proses pembuatan emping teki hampir sama dengan pembuatan emping melinjo, umbi rumput teki terlebih dulu disangrai, kemudian digepengkan dengan alat pukul, setelah itu dijemur dan proses terakhir adalah proses penggorengan.

“Bahannya memang dari umbi rumput teki, akan tetapi setelah jadi emping diberi nama emping tike,” kata Armah salah satu pramuniaga toko oleh-oleh di Karangampel Indramayu. (k3)


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Maman Abdurahman
Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper