Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jawa Barat miliki 29 titik perbatasan dengan provinsi lain

web BANDUNG: Sedikit pengetahuan geografi tentang Jawa Barat. Provinsi itu ternyata punya 29 titik perbatasan dengan provinsi-provinsi lain di sekitarnya; untuk menandai titik-titik itu, Dinas Permukiman dan Perumahan Provinsi Jawa Barat akan membangun Tugu Kujang sebagai penanda.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 01 Februari 2012  |  09:45 WIB
web
web
web BANDUNG: Sedikit pengetahuan geografi tentang Jawa Barat. Provinsi itu ternyata punya 29 titik perbatasan dengan provinsi-provinsi lain di sekitarnya; untuk menandai titik-titik itu, Dinas Permukiman dan Perumahan Provinsi Jawa Barat akan membangun Tugu Kujang sebagai penanda. Kepala Dinas Permukiman dan Perumahan Jawa Barat, Eddy Nasution, di Bandung, Rabu, menuturkan, saat ini tugu perbatasan di Jawa Barat baru dibangun di kawasan Kecamatan Cibingbin, Kabupaten Kuningan dan di kawasan Losari, yang menjadi penanda batas antara Provinsi Jabar-Jateng. "Jadi untuk tugu perbatasan itu saat ini baru dibangun di Kecamatan Cibingbing dan di Losari," ujar Nasution. Menurut dia, alasan dipilihnya Tugu Kujang sebagai tanda perbatasan Provinsi Jabar dengan provinsi lain karena Kujang merupakan simbol perjuangan atau senjata rakyat di Jawa Barat. "Kenapa kujang karena Kujang itu senjata masyarakat Jawa Barat. Walaupun di setiap daerah bentuk Kujang itu berbeda-beda. Kalau kita pilih selain Kujang, seperti hewan takutnya nanti salah arti bagi sebagian masyarakat," ujarnya. Ia menjelaskan, dua Tugu Kujang di Kecamatan Cibingbing, Kuningan dan Losari tersebut memiliki tinggi sekitar 5 meter. 27 tugu yang lain akan segera dibangun dengan ukuran dan bentuk serupa. "Namun kita belum bisa menetapkan karena terkendala adanya keputusan dari Mendagri," katanya. Pihaknya menambahkan, kegiatan perencanaan detail tata ruang kawasan Jabar-Banten-DKI Jakarta dan Jateng tahun 2012 mencapai Rp1.075.000.000. (
Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kabar jabar
Editor : Newswire
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top