Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Areal Tanam Bawang Merah di Sumedang Meluas

Pada 2023 areal pertanaman bawang merah di Sumedang tercatat 80 hektare dan tahun ini meningkat menjadi 110 hektare.
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, BANDUNG-- Areal tanam komoditas bawang merah di Kabupaten Sumedang terus meningkat disebabkan meningkatnya minat petani untuk menanam komoditas tersebut.

Kepala Bidang Hortikultura Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Sumedang Iwan Hermansyah mengatakan pada 2023 areal pertanaman bawang merah di Sumedang tercatat 80 hektare dan tahun ini meningkat menjadi 110 hektare.

"Bila melihat dari areal luas tanamnya meningkat 30 hektare dalam setahun terakhir ini dan berharap akan terus meningkat seiring makin diminatinya budi daya komoditas bawang merah ini," papar Iwan.

Menurut Iwan, areal pertanaman bawang merah di Sumedang tersebar di tujuh kecamatan yaitu Tomo 69 hektare, Ujungjaya 13 hektare, Cimanggung 12 hektare, Sukasari 5 hektare, Wado 5 hektare, Paseh 3 hektare dan Jatinangor 3 hektare.

Adapun untuk produksi bawang merah di Kabupaten Sumedang saat ini mencapai 588,8 ton per tahun dan diklaim bisa memenuhi kebutuhan Warga Sumedang.

Lebih lanjut dikatakan Iwan, dengan semakin meningkatkan areal pertanaman bawang merah di Sumedang, pihaknya berharap bisa mengatrol perekonomian petani yang saat ini menjadi mayoritas profesi di Kabupaten Sumedang.

"Semoga ini bisa memberikan dampak positif untuk perekonomian para petani," ungkapnya.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dea Andriyawan
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper