Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tingkat Hunian Hotel Berbintang di Kota Cirebon Turun

Tingkat penghunian kamar (TPK) Hotel Bintang di Kota Cirebon pada Juli 2024 mencapai 58,71%, turun sebesar 0,41 poin dibandingkan Juni 2024.
Ilustrasi hotel - Freepik
Ilustrasi hotel - Freepik

Bisnis.com, CIREBON - Tingkat penghunian kamar (TPK) hotel bintang di Kota Cirebon pada Juli 2024 mencapai 58,71%, turun sebesar 0,41 poin dibandingkan Juni 2024.

Kepala Badan Pusat Stastik (BPS) Kota Cirebon Aris Budiyanto mengatakan pada Juni 2024, Kota Cirebon menggelar event yang mengundang wisatawan dari luar daerah untuk datang.

Event tersebut di antaranya, Jabar Run 10 K yang digelar oleh Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Jawa Barat dan Festival Kampung Arab Panjunan oleh Pemerintah Kota Cirebon.

"TPK Kota Cirebon pada Juni ini menjadi yang tertinggi sepanjang 2024. Dua lalu lebih rendah karena bertepatan dengan hari besar keagamaan, yakni Hari Raya Idulfitri," kata Aris, Selasa (3/8/2024).

Dalam catatan BPS, rata-rata lama mengingap tamu (RLMT) di Kota Cirebon selama 1,44 hari. RLMT pada Juli 2024 ini pun paling besar sepanjang 2024.

Aris mengatakan TPK di Kota Cirebon harus ditingkatkan karena berkaitan dengan upaya mendongkrak perekonomian di Kota Cirebon, khususnya pada sektor pariwisata.

Saat ini, Pemerintah Kota Cirebon sudah mempersiapkan lima destinasi wisata yakni, Museum Topeng Wong di Balai Kota Cirebon, Kampung Wisata Kacirebonan, Kawasan Gedung Bundar di Taman Kebumen, Kampung Arab Panjunan, dan Wisata Heritage Gedung BAT.

Kepala Disparbud Kota Cirebon Agus Sukmanjaya mengatakan destinasi wisata baru di Kota Cirebon akan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan lokal dan mancanegara.

Diharapkan kunjungan wisatawan ke Kota Cirebon mengalami peningkatan. “Semoga Kota Cirebon menjadi rujukan wisata bagi wisatawan yang tengah berkunjung ke Jawa Barat,” ungkap Agus.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Hakim Baihaqi
Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper