Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Perluas Pasar, Pindad Tampilkan AM-1, Komodo Hingga Maung di Malaysia

PT Pindad bersama 10 perusahaan asal Indonesia lainnya tergabung dengan pavilion Indonesia Defence Industries yang dipimpin oleh Kementerian Pertahanan.
Produk unggulan Pindad dalam pameran Defence Service Asia (DSA) Exhibition and Conference yang berlangsung 6-9 Mei 2024 di Kuala Lumpur, Malaysia.
Produk unggulan Pindad dalam pameran Defence Service Asia (DSA) Exhibition and Conference yang berlangsung 6-9 Mei 2024 di Kuala Lumpur, Malaysia.

Bisnis.com, BANDUNG — PT Pindad menampilkan produk unggulannya yakni AM-1, Komodo dan Maung dalam pameran Defence Service Asia (DSA) Exhibition and Conference yang berlangsung 6-9 Mei 2024 di Kuala Lumpur, Malaysia. 

Dalam pameran kali ini, PT Pindad bersama 10 perusahaan asal Indonesia lainnya tergabung dengan pavilion Indonesia Defence Industries yang dipimpin oleh Kementerian Pertahanan

Wakil Direktur Utama PT Pindad Syaifuddin yang didampingi Direktur Produksi Budhiarto mengungkapkan keikutsertaan Pindad dalam pameran ini menjadi salah satu langkah strategis untuk mendorong pencapaian Pindad memasuki pasar global.  

"Keikutsertaan Pindad di DSA kali ini berkaitan dengan salah satu target pencapaian PT Pindad yakni menjadi menjadi top global company, tentu ini harus disertai dengan peningkatan portofolio ekspor beberapa produk kita ke pasar global," ujarnya dalam keterangan resmi, Selasa (7/5/2024).

Lebih lanjut, Syaifuddin menambahkan Pindad perlu selalu meningkatkan kualitas produk melalui inovasi teknologi dengan mengikuti perkembangan teknologi terkini. 

"Kita juga perlu selalu meningkatkan kualitas produk kita dengan melakukan inovasi teknologi dengan mengikuti perkembangan teknologi terkini dan kemudian harus kita terapkan untuk peningkatan dari kualitas produk-produk yang kita lakukan," imbuhnya.

Syaifuddin menilai Malaysia menjadi salah satu mitra untuk berkolaborasi yang bisa dioptimalkan untuk menjadi salah satu target ekspor Pindad.

Produk-produk yang menjadi target utama di pasar Asia berkaitan dengan produk pertahanan, termasuk Malaysia yang sudah menyampaikan minatnya untuk membeli produk Pindad khususnya senjata, munisi dan kendaraaan tempur.

Pada tahun 2024 ini, Pindad menargetkan peningkatan dari sisi ekspor yang tentunya diharapkan pencapaiannya akan terus meningkat dari tahun-tahun sebelumnya. 

Pada DSA 2024 ini, Pindad menampilkan tiga produk, pertama yaitu AM-1, merupakan senapan serbu kaliber 5.56 x 45 mm NATO dengan prinsip kerja Gas Operated & Piston. Senapan ini memiliki Panjang laras 14,5 Inch dilengkapi dengan popor teleskopik yang bisa direntangkan ke belakang (ditarik). Senapan serbu ini memiliki panjang total 881 mm pada keadaan popor terentang penuh dan 797 mm pada kondisi popor posisi normal. 

Produk berikut yang ditampilkan yaitu varian kendaraan taktis Komodo yang didesain untuk misi pengintaian. Kendaraan ini dirancang untuk bergerak cepat dan tepat dalam setiap misinya. Dilengkapi dengan mesin diesel 215 HP dengan Turbo Charger Intercooler, kendaraan ini mampu mencapai top speed 80 km/h di jalan raya, dengan daya jelajah sejauh 450 kilometer. 

Produk ketiga yang ditampilkan yaitu Kendaraan Operasional 4x4 Maung, kendaraan produksi PT Pindad yang ditujukan untuk mendukung operasi jelajah di berbagai medan. Maung memiliki kemampuan manuver yang gesit dan handal untuk mendukung mobilitas penggunanya di berbagai medan operasi. 

Dengan menggunakan mesin diesel berdaya 136 HP, kendaraan taktis ini dapat melaju di kecepatan aman 120km/jam dan memiliki jarak tempuh hingga 650 km.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dea Andriyawan
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper