Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kunjungan Wisman ke Jabar Februari 2024 Meningkat, Masuk Melalui Kertajati

Seluruh wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Provinsi Jawa Barat masuk melalui pintu masuk Bandara Internasional Kertajati, Kabupaten Majalengka.
Bandara Kertajati/Bisnis
Bandara Kertajati/Bisnis

Bisnis.com, BANDUNG-- Wisatawan mancanegara (wisman) yang tercatat datang ke Jawa Barat pada Februari 2024 sebanyak 951 orang. Jumlah tersebut mengalami kenaikan 48,36% dari bulan sebelumnya yakni 641 orang.

Seluruh wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Provinsi Jawa Barat masuk melalui pintu masuk Bandara Kertajati, Kabupaten Majalengka.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Jawa Barat Marsudijono mengatakan usai dicabutnya status pandemi Covid-19 di Indonesia pada Juni 2023, penerbangan internasional di Jawa Barat mulai berangsur naik.

"Bandara Kertajati kembali membuka penerbangan internasional sejak Mei 2023. Sementara itu, Bandara Husein Sastranegara walaupun sudah tidak melayani penerbangan komersial internasional, tetapi masih melakukan penerbangan dengan rute terbatas," ungkap dia.

Sementara itu, Tingkat Penghunian Kamar (TPK) Hotel Bintang dan Nonbintang di Jawa Barat pada Februari 2024 mencapai 40,03%, naik 1,61 poin dibanding TPK Januari 2024 yang mencapai 38,42%. 

Lebih rinci, dia menjelaskan TPK Hotel Bintang mengalami kenaikan 3,15 poin dibandingkan dengan TPK bulan sebelumnya (Januari 2024), dan jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya (Februari 2023) turun 0,30 poin. 

Adapun untuk TPK Hotel Nonbintang dibanding dengan bulan sebelumnya (Januari 2024) mengalami kenaikan 2,38 poin yaitu dari 22,11% menjadi 24,49%. Kemudian jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya (Februari 2023) mengalami kenaikan 4,52 poin yaitu dari 19,97% menjadi 24,49%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dea Andriyawan
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper