Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mau Berbuka dengan Nasi Jamblang? Berikut Rekomendasi Tempatnya

Baik di Kota Cirebon atau Kabupaten Cirebon, banyak ditemukan tempat yang menyedikan nasi jamblang, baik di rumah makan maupun warung-warung pedagang kaki lima.
Nasi jamblang
Nasi jamblang

Bisnis.com, CIREBON - Sedang berada di Cirebon, Jawa Barat? Tidak ada salahnya menjadikan nasi jamblang menjadi pilihan kuliner khas yang wajib dijajal saat waktu berbuka puasa.

Baik di Kota Cirebon atau Kabupaten Cirebon, banyak ditemukan tempat yang menyedikan nasi jamblang, baik di rumah makan maupun warung-warung pedagang kaki lima.

Berikut ini rekomendasi pilihan untuk Anda yang sedang berada di Cirebon;

1. Nasi Jamblang Pelabuhan Hj Sumarni

Salah satu warung makan khas Cirebon yang wajib Anda kunjungi adalah Nasi Jamblang Pelabuhan Hj Sumarni di Jalan Yos Sudarso, Kecamatan Lemahwungkuk, Kota Cirebon.

Warung nasi jamblang yang berjarak 2,8 km dari Kantor Walikota Cirebon, berada tepat di sebelah Pelabuhan Cirebon dan Gerbang Waterland Ade Irma Suryani.

Untuk memasuki warung ini, pembeli dibuat terkecoh karena harus melewati gerbang sempit berwarna merah yang cukup besar untuk satu orang.

Namun, begitu berhasil sampai di area warung nasi jamblang, para pembeli langsung disuguhi berbagai menu nasi jamblang yang khas.

Seperti warung nasi jamblang lainnya di Cirebon, pemilik warung menerapkan sistem prasmanan. Jadi pembeli bisa makan lauk sesuai selera.

Menu andalan kedai ini antara lain semur daging sapi, semur tahu, telur dadar, perkedel, balakutak, paru goreng, sayur tahu, dan sambal merah.

Untuk setiap harga yang ditawarkan di warung nasi jamblang ini relatif terjangkau. Contoh, satu porsi dengan telur dadar, sayur tahu, sate usus, cabai merah dan nasi harganya hanya Rp 20.000.

Nasi Jamblang Pelabuhan milik keluarga Asneri disukai karena aromanya yang harum. Hal ini dikarenakan daun yang digunakan untuk membungkus adalah daun jati yang masih muda.

Daun jati muda dipercaya memberikan aroma yang khas dan mempengaruhi rasa. Komposisinya pas, membuat nasi terasa lebih pulen dan lembut dibandingkan beras ketan.

Resep yang digunakan dalam pembuatan bumbu tersebut merupakan resep yang sudah diwariskan secara turun temurun dan dilestarikan dari masa ke masa.

2. Nasi Jamblang Tulen

Rekomendasi restoran kedua yang harus dikunjungi adalah Nasi Jamblang Tulen di Depan Pasar Jamblang, Desa Kasugengan Lor, Kecamatan Depok, Kabupaten Cirebon.

Nasi Jamblang merupakan nasi dengan porsi seukuran kepalan tangan yang dibungkus menggunakan daun jati.

Menu khas yang ada di Nasi Jamblang Tulen ini di antaranya, sayur tahu, paru, semur daging, tempe goreng, ikan asin, perkedel, telur dadar/ceplok, dan semur hati.

Selain menu di atas, ada pula balakutak atau cumi berukuran besar yang dimasak dengan tinta hitam dari hewan laut tersebut. Untuk setiap menu, dijual mulai harga Rp2000.

Diketahui pula, Nasi Jamblang Tulen merupakan yang pertama di Cirebon sejak era kolonial Belanda. Konon, nasi jamblang disajikan untuk para pekerja di pabrik gula Jamblang serta pekerja paksa.

Keberadaan Nasi Jamblang Tulen tidak terlepas dari sejarah peradaban Cirebon. Saat pembangunan Pabrik Gula Gempol pada 1847, sumber tenaga ribuan tenaga kerja pribumi untuk mendirikan bangunan era kolonial Belanda itu bersumber dari makanan tersebut.

Permintaan yang banyak membuat para pekerja waktu era kolonial itu bersedia membayar dengan uang untuk menikmati makanan tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hakim Baihaqi
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler