Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jabar Siapkan Strategi Pertumbuhan Ekonomi 2024

Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat terus berupaya mempertahankan dan meningkatkan kinerja ekonomi pada tahun ini.
Aktivitas pedagang di pasar tradisional/Bisnis-Wisnu Wage
Aktivitas pedagang di pasar tradisional/Bisnis-Wisnu Wage

Bisnis.com, BANDUNG--Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat terus berupaya mempertahankan dan meningkatkan kinerja ekonomi pada tahun ini. 

Penjabat Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Taufiq Budi Santoso menyebut kinerja ekonomi Jabar pada tahun 2023 diraih sebesar 5% dan telah memberikan andil pertumbuhan sebesar 0,67% terhadap ekonomi nasional. 

Jabar pun menjadi provinsi dengan laju pertumbuhan ekonomi tertinggi dari sisi lapangan usaha terutama di sektor transportasi dan pergudangan sebesar 10,93% serta laju pertumbuhan ekonomi tertinggi dari sisi pengeluaran di sektor impor sebesar 17,60%.

"Jabar juga menjadi provinsi yang menempati peringkat pertama realisasi investasi tahun 2023 dengan nilai investasi sebesar Rp210,6 triliun," ucap Taufiq pada acara Kick Off West Java Economic Society (WJES) 2024 di Bale Pasundan, kantor Bank Indonesia (BI) Jabar, Kota Bandung, Kamis (29/2/2024). 

Taufiq pun menuturkan pihaknya telah menyiapkan empat strategi demi meningkatkan investasi Jabar. 

Pertama, yakni dengan meningkatkan kepastian dan kemudahan perizinan melalui peningkatan pelayanan investasi. 

Kedua, mendorong pengembangan Industri hilirisasi berbasis potensi daerah dan sektor unggulan di Jabar, seperti pertanian, perkebunan, dan perikanan. 

Ketiga, mendorong investasi inklusif melalui penciptaan lapangan kerja dan peningkatan daya saing UMK melalui kemitraan. 

Strategi keempat, ungkap Taufiq, mengakselerasi implementasi green economy melalui pemberian fasilitas, kemudahan, dan insentif pada green investment. 

Lebih lanjut Taufiq memaparkan, terdapat empat kawasan strategis di Jabar yang sudah diamanatkan dalam peraturan presiden dalam rangka mendorong pertumbuhan ekonomi melalui perbaikan infrastruktur dan peningkatan investasi. 

Empat kawasan strategis itu adalah Bodebekkarpur melalui Peraturan Presiden Nomor 60 Tahun 2020 dan kawasan Cekungan Bandung yang diamanatkan dalam Perpres No 45 Tahun 2018. 

Dua kawasan strategis lainnya, yakni kawasan Rebana dan Jawa Barat bagian selatan yang dinaungi Perpres No 87 Tahun 2021. 

Sementara itu, atas arahan Presiden RI, pertumbuhan ekonomi 2024 ditargetkan sebesar 5,7% dan target realisasi investasi tahun 2024 sebesar Rp1.650 triliun. 

"Seiring dengan peningkatan target investasi nasional, maka target investasi Jabar untuk Tahun 2024 diproyeksikan meningkat di kisaran Rp247-250 trilliun," katanya. 

Untuk itu, terdapat sejumlah fokus kebijakan investasi nasional yang harus diemban, yaitu perbaikan kebijakan investasi berkelanjutan serta pelayanan dan insentif investasi berdaya saing. 

Kemudian investasi yang memberikan nilai tambah dan berorientasi pada green investment serta peningkatan kualitas investasi secara inklusif dan pemerataan. 

"Kami berharap di kemudian hari sumbangan ekonomi Jabar terhadap nasional terus meningkat sejalan infrastruktur kita yang semakin lengkap," ucap Taufiq. 

"Mungkin beberapa tahun lalu Jabar belum seperti DKI dan Jatim, belum punya pelabuhan dan bandara sendiri dengan kapasitas yang cukup," sambungnya. 

"Alhamdulillah, sekarang Jabar sudah punya Pelabuhan Patimban dan Bandara Kertajati yang telah beroperasi kembali. Ini potensi luar biasa yang bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi Jawa Barat sepenuhnya," tuturnya. 

Taufiq menambahkan pula, sejumlah Proyek Strategis Nasional (PSN) yang dikerjakan di Jabar turut menopang kinerja perekonomian, seperti Tol Cisumdawu, kereta cepat Whoosh, dan sejumlah PSN lainnya. 

Tak cuma itu, digitalisasi birokrasi juga memiliki kontribusi terhadap pertumbuhan perekonomian karena penerapan sistem digital dalam pelayanan pemerintah dapat meningkatkan akuntabilitas serta memudahkan dalam mengakses informasi dan layanan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper