Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemkab Sumedang Langsung Tangani Banjir di Ujungjaya

Dusun Leuwiawi, Desa Ujungjaya, Kecamatan Ujungjaya Kabupaten Sumedang diterjang banjir yang terjadi Minggu (11/2/2024).
Banjir di Dusun Leuwiawi, Desa Ujungjaya, Kecamatan Ujungjaya Kabupaten Sumedang.
Banjir di Dusun Leuwiawi, Desa Ujungjaya, Kecamatan Ujungjaya Kabupaten Sumedang.

Bisnis.com, BANDUNG — Dusun Leuwiawi, Desa Ujungjaya, Kecamatan Ujungjaya Kabupaten Sumedang diterjang banjir yang terjadi Minggu (11/2/2024).

Penjabat (Pj) Bupati Sumedang Herman Suryatman menyebut banjir tersebut merupakan yang terbesar sepanjang perjalanan sejarah Dusun Leuwiawi.

"Saya lihat langung ke lapangan, air sudah sampai di atap rumah warga. Yang terdampak kurang lebih ada 220 KK, 700 jiwa. Ini berada di lokasi RW 07 yang di dalamnya terdapat 4 RT," ujar Herman, Senin (12/2/2024).

Ia pun mengatakan sudah mengecek dan melakukan penanganan dampa dari banjir tersebut bersama Forkopimda.

"Tadi malam BPBD bersama TNI/Polri dan para relawan langsung turun ke lapangan, dilengkapi sarana prasarana untuk melakukan evakuasi penyelamatan warga terdampak," terangnya.

Ia memastikan 220 KK atau 700 lebih jiwa yang terdampak bencana bisa dievakuasi ke tempat aman.

"Dari sejumlah itu, ada enam warga yang dibawa ke Puskesmas. Dari enam warga ini ada satu yang meninggal atas nama Ibu Arum [73]. kondisi Ibu Arum ini memani sudah sepuh dan kurang sehat lalu dipatik oleh bencana banjir," tuturnya.

Untuk kelima korban lainnya, lanjut Herman, sudah bisa kembali ke rumah masing-masing, kecuali ada satu seorang ibu hamil yang saat ini sedang ditangani di Puskesmas.

"Kami pastikan jiwa masyarakat akan kami prioritaskan. Saya juga sudah cek ricek kondisi lapangan, warga saat ini sudah dievakuasi seluruhnya," kata Herman.

Terkait dengan penanganan, Herman menyampaikan akan ada penanganan jangka pendek selama satu minggu ke depan. Kemudian penanganan jangka menengah dan penanganan permanen.

"Untuk penanganan jangka pendek, kami ingin memastikan kebutuhan dasar masyarakat terlayani. Kami sudah komunikasikan dengan warga dan perangkat desa bahwa kebutuhan logistik warga tercukupi," ucapnya.

Menurut Herman, saat ini Pemda Sumedang akan menyiapkan dapur umum untuk pasokan makan warga.

"Mulai siang ini dapur umum akan efektif bekerja. Kami akan siapkan untuk makan warga satu hari tiga kali selama masa darurat. Kemudian untuk kebutuhan pakaian dan peralatan bayi kami sedang identifikasi dan akan kita penuhi," tuturnya.

Sedangkan untuk kebutuhan tempat tinggal, Herman menyebutkan perlu waktu untuk pembenahan .

"Selama pembenahan warga membutuhkan tempat untuk berlindung, kami sedang kroscek. Kemungkinan pertama kami akan buat tenda darurat dan sekarang sedang kami siapkan," terangnya.

Selain itu disamping lokasi Leuwiawi terdapat perumahan Pamoyanan milik pemerintah yang saat ini kondisinya kosong.

"Jadi nanti kita akan kasih alternatif kepada warga untuk berlindung. Pertama di tenda darurat kemudian yang kedua di Perumahan Pamoyanan. Selanjutnya yang ketiga diberikan kesempatan untuk menginap di sanak saudaranya terdekat," imbuhnya.

Untuk layanan kesehatan, ia juga menugaskan Puskesmas untuk membuka layanan di lapangan.

"Jadi di sana nanti ada Posko, semua layanan kesehatan dan pemerintahan akan kami siapkan," tuturnya. 

Terkait dengan penanganan jangka menengah dan jangka panjang, Herman mengungkapkan pihaknya akan segera berkoordinasi dengan CKJT maupun Satker.

"Nanti akan kita bicarakan, sehingga nanti kita bisa identifikasi apakah nanti akan direlokasi atau tetap bertahan di sini setelah diperbaiki. Kami akan mencarikan solusi terbaik untuk masyarakat,"  ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Penulis : Dea Andriyawan
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper