Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Beras Impor Kuasai Stok CBP di Cirebon

Kantor Perum Bulog Cirebon mengakui cadangan beras pemerintah (CBP) yang berada di gudang merupakan beras impor.
Ilustrasi/Bisnis
Ilustrasi/Bisnis

Bisnis.com, CIREBON - Kantor Perum Bulog Cirebon mengakui cadangan beras pemerintah (CBP) yang berada di gudang merupakan beras impor. Penyerapan beras lokal masih minim akibat mundurnya masa tanam pada awal 2024 ini.

Kepala Kantor Perum Bulog Cirebon Iman Firdaus Jamal menyebutkan musim tanam yang dilakukan di wilayah Cirebon, Majalengka, dan Kuningan baru dilakukan pada akhir Januari hingga awal Februari 2024.

“Sampai saat ini masih hasil pengadaan luar negeri. Pengadaan dalam negeri sudah habis, padahal pengadaan dari kami itu membantu cabang lain di Jabar,” kata Iman di Kota Cirebon, Senin (5/2/2024).

Menurut Iman, penyerapa terhadap produksi petani di wilaya kerjanya akan dilakukan mulai Mei 2024 atau setelah masa panen.

Pemerintah Kabupaten Cirebon mengharapkan Bulog menyerap maksimal produksi beras petani di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. Upaya itu untuk menjaga kabupaten tersebut tetap menjadi lumbung padi.

Bupati Cirebon Imron Rosyadi menyebutkan berdasarkan laporan Kementerian Pertanian, penyerapan Bulog terhadap beras dari Kabupaten Cirebon masih rendah.

“Harus menyerap lebih banyak. Kabupaten Cirebon yang merupakan lumbung padi nasional,” kata Imron.

Imron menuturkan, produksi beras maupun padi dari Kabupaten Cirebon sebagian besar ditopang oleh wilayah Kecamatan Gegesik. 

“Kawasan tersebut kami tetap dorong tetap produktif,” ujar Imron.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Penulis : Hakim Baihaqi
Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper