Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BPJS Ketenagakerjaan Bandung Suci Akuisisi Langsung Peserta Paguyuban SRC Bandung I

BPJS Ketenagakerjaan Bandung Suci mengaver jaminan keselamatan kerja anggota Paguyuban SRC Bandung I.
Karyawati melayani nasabah di kantor Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan atau BP Jamsostek di Jakarta, Senin (28/11/2022). Bisnis/Arief Hermawan P
Karyawati melayani nasabah di kantor Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan atau BP Jamsostek di Jakarta, Senin (28/11/2022). Bisnis/Arief Hermawan P

Bisnis.com, BANDUNG -- BPJS Ketenagakerjaan Bandung Suci mengaver jaminan keselamatan kerja anggota Paguyuban SRC Bandung I. 

Hal tersebut dilakukan usai kerja sama antara BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Bandung Suci dan SRC, beberapa waktu lalu. 

Perlindungan terhadap para peserta tersebut ditandai dengan penyerahan kartu kepesertaan BPJAMSOSTEK secara simbolis kepada perwakilan dari anggota SRC yang telah terdaftar.

Kartu kepesertaan BPJAMSOSTEK diserahkan langung kepada Ketua Paguyuban SRC Bandung I Dindin Syarifudin oleh Kepala Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Bandung Suci Opik Taufik.

Opik berharap kerja sama antara BPJS Ketenagakerjaan dan SRC ini dapat memberikan perlindungan bagi para anggota Paguyuban SRC Bandung I yang berada di wilayah Bandung Raya, khususnya bagi para pemilik toko kelontong/UMKM dan para pekerja didalamnya.

BPJAMSOSTEK Bandung Suci juga kata Opik melakukan sosialisasi dan edukasi kepada peserta dan tamu undangan yang hadir serta mengingatkan pentingnya program perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan.

”Perlindungan jaminan sosial ini sangat diperlukan untuk seluruh lapisan masyarakat, kami senantiasa berkomitmen untuk mendukung pengembangan Toko SRC melalui pendampingan dan pembinaan secara konsisten sebagai upaya untuk membawa perubahan positif bagi seluruh UMKM di Indonesia.” terang Opik.

Opik menambahkan pihaknya akan berkomitmen merangkul semua pelaku UMKM yang ada di Kota Bandung agar semakin maju dan terus berkembang. 

"Kami tentu sangat gembira bahwa kerjasama ini disambut antusias oleh anggota SRC Bandung I dengan lebih dari 200 anggota pemilik toko kelontong mendaftarkan langsung usaha dan pekerjanya kepada BPJS Ketenagakerjaan pada kegiatan ini, tentunya dengan telah terdaftarnya menjadi peserta, mereka akan terus dilindungi dari risiko sosial ekonomi yang akan terjadi," ungkapnya. 

Sehingga, menurutnya jika terjadi risiko yang tidak diinginkan seperti kecelakaan kerja atau kematian, maka sudah dijamin oleh BPJS Ketenagakerjaan.

Menurutnya, perlindungan kecelakaan kerja melindungi peserta dari risiko kecelakaan kerja sejak berangkat dari rumah, berada di tempat kerja sampai dengan kembali ke rumah.

”Apabila mengalami risiko kecelakaan kerja, maka seluruh biaya pengobatan akan dijamin oleh BPJS Ketenagakerjaan sampai dengan sembuh tanpa batasan biaya sesuai indikasi medis. Sementara itu, apabila meninggal dunia akibat kecelakaan kerja maka ahli waris akan mendapatkan santunan sebesar 48x dari upah yang dilaporkan. Kalau meninggal dunia bukan karena kecelakaan kerja maka akan mendapatkan total santunan senilai Rp42 juta.” terang Opik.

Lebih lanjut, Opik mengatakan jaminan sosial ketenagakerjaan adalah suatu perlindungan yang diberikan kepada pekerja yang mengalami risiko saat bekerja. 

"Tidak hanya diberikan pada pekerja penerima upah, tetapi diberikan juga pada peserta atau pekerja bukan penerima upah atau pekerja informal," ungkap dia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dea Andriyawan
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper