Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jabar Siapkan Bantuan Rp1 Triliun untuk Bela Palestina

Massa aksi juga berasal dari berbagai elemen masyarakat. Orang tua, anak muda hingga anak-anak terlihat begitu semangat mengikuti aksi bela Palestina ini.
Aksi dukungan terhadap Palestina digelar di depan Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Bandung, Jumat (17/11/2023). Sejumlah pejabat dan tokoh masyarakat hadir dalam aksi ini.
Aksi dukungan terhadap Palestina digelar di depan Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Bandung, Jumat (17/11/2023). Sejumlah pejabat dan tokoh masyarakat hadir dalam aksi ini.

Bisnis.com, BANDUNG--Aksi dukungan terhadap Palestina digelar di depan Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Bandung, Jumat (17/11/2023). Sejumlah pejabat dan tokoh masyarakat hadir dalam aksi ini.

Aksi bertajuk 'Aksi Solidaritas Palestina' ini dimulai pukul 13.00 WIB. Seribuan massa yang mengikuti aksi datang berjalan kaki dari Masjid Pusdai. 

Bukan hanya itu, sebuah bendera raksasa juga dikibarkan oleh massa aksi. Bendera raksasa itu dibawa oleh puluhan orang sebelum dibentangkan di tengah jalan. 

Sementara Penjabat Gubernur Jabar, Kapolda, Pangdam, Ketua MUI dan FKUB sudah menanti untuk mengikuti aksi.

Massa aksi juga berasal dari berbagai elemen masyarakat. Orang tua, anak muda hingga anak-anak terlihat begitu semangat mengikuti aksi bela Palestina ini. Mereka kompak menyuarakan kemerdekaan bagi Palestina.

Pj Gubenur Jabar Bey Triadi Machmudin menyatakan Jawa Barat akan memberikan bantuan kepada Palestina. Adapun bantuan tersebut ditargetkan sebesar Rp1 triliun untuk berasal dari donasi masyarakat.

"Diharapkan jumlah donasinya itu infaqnya bisa mencapai Rp1 triliun. Dengan asumsi kurang lebih 50 juta penduduk Jawa Barat, 20 persennya sekitar 10 juta orang dengan asumsi Rp100.000 per orang, jadi ada Rp1 triliun," katanya.

Menurut Bey, bantuan itu akan dikumpulkan di Baznas Jabar. Sedangkan jenis bantuannya, selain uang tunai akan disesuaikan dengan kebutuhan warga Gaza, Palestina.

"Nanti untuk teknisnya dikumpulkan oleh Baznas dan pemerintah daerah kabupaten kota, lalu di kolektif di Jabar dan diserahkan ke Baznas Pusat untuk didistribusikan," ungkapnya.

Bey menyebut warga Jabar begitu antusias menyuarakan dukungan kepada Palestina. Hal itu menandakan rasa solidaritas masyarakat dengan apa yang terjadi di sana begitu tinggi.

"Iya itu menunjukkan bahwa kita memiliki solidaritas dan rasa kemanusiaan yang tinggi," katanya.

"Kami mengirimkan doa, mengirimkan cinta dan dukungan kepada rakyat Palestina. Disini kami berdiri mengutuk semua tindakan kekerasan kepada rakyat Palestina. Semoga allah senantiasa melindungi keselamatan rakyat Palestina," ucap Asda Pemerintahan dan Kesejahteraan Jabar Dedi Supandi saat memberikan sambutan.

Sementara itu, Ketua MUI Jabar Rahmat Syafei mengajak seluruh massa aksi untuk menyatukan dukungan agar bencana kemanusiaan yang terjadi di Palestina segera berakhir. Dia pun menegaskan, dukungan kepada Palestina merupakan wajib hukumnya.

"Kami imbau hentikan perbuatan biadab ke rakyat Palestina. Dukungan bisa apa saja, termasuk hadir kesini menunjukan rasa keimanan juga kemanusiaan. Kasih sayang Allah dekat bagi orang yang berbuat baik," tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper