Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

1.000 Siswa SMA/SMK Dapat Sertifikasi Kemampuan Bidang Teknologi Digital Berstandar Internasional

Pendaftar berasal dari 421 sekolah, 146 Kabupaten dan Kota, 26 Provinsi tersebar di seluruh Indonesia.
Peserta program bertajuk Telkom DigiUp tahun 2023.
Peserta program bertajuk Telkom DigiUp tahun 2023.

Bisnis.com, BANDUNG—Sebanyak 1.000 siswa SMK/SMA mendapatkan sertifikasi kemampuan berstandar nasional dan internasional di bidang teknologi digital. 

Sertifikasi dilakukan oleh Telkom sebagai perusahaan digital di Indonesia sebagai upaya peningkatan ekosistem industri digital pada masa depan. 

SGM Community Development Center PT. Telkom, Hery Susanto, mengatakan sebelumnya, 9.741 siswa-siswi SMK/SMA telah terdaftar sebagai peserta program bertajuk Telkom DigiUp tahun 2023. Pendaftar berasal dari 421 sekolah, 146 Kabupaten dan Kota, 26 Provinsi tersebar di seluruh Indonesia.  

"Jumlah angka pendaftar tersebut growth 98% dari tahun 2022 sebanyak 4.917 peserta pendaftar. Adapun pada tahun 2023 ini, khususnya seleksi diikuti juga oleh 42 orang dari daerah 3T [daerah Tertinggal, Terdepan dan Terluar] dan ada 14 peserta yang berhasil ikut sertifikasi," Kata Hery, di Bandung. 

Hery memaparkan pihaknya menyelenggarakan program sertifikasi digital itu sebagai dukungan dalam persiapan talenta muda yang sesuai dengan kebutuhan industri digital. 

Sementara itu, Ketua Satgas Program Telkom DigiUp, Danan Suryadi menjelaskan Telkom DigiUp 2023 menyediakan 10 program pilihan pelatihan, bootcamp dan sertifikasi. 

Lalu, dari data peserta pendaftar di atas, 15% peserta memilih Graphic Designer, 11% peserta memilih UI/UX Designer, dan 12% peserta memilih Content Creator.

Selanjutnya, 4% peserta memilih 3D Animator, 9% peserta memilih Cinematography, dan 11% peserta memilih Web Programmer Python, serta 7% peserta memilih Mobile Apps Developer. Sisanya, 9% peserta memilih Big Data Scientist, 6% peserta memilih Internet Of Things, dan 14% peserta memilih Network Administrator.

"Kegiatan diawali dengan ujian seleksi dimana para peserta memilih antara satu hingga tiga program sesuai pengetahuan dan kompetensi yang dimiliki masing-masing. Kemudian, para peserta akan diseleksi berdasarkan nilai terbaik dari tiap program untuk melanjutkan ke tahap selanjutnya sebagai peserta Telkom DigiUp." Jelasnya.

Danan mengemukakan  untuk seluruh ujian sertifikasi yang ditempuh peserta mengacu pada Standar SKKNI.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dea Andriyawan
Editor : Dinda Wulandari
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper