Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Penyebab Harga Beras di Jawa Barat Meroket

Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura (DTPH) Jawa Barat mengungkap penyebab naiknya harga beras di pasaran.
Ilustrasi/Bisnis
Ilustrasi/Bisnis

Bisnis.com, BANDUNG--Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura (DTPH) Jawa Barat mengungkap penyebab naiknya harga beras di pasaran.

Kepala DTPH Jabar Dadan Hidayat mengatakan berkurangnya suplai beras dari penggilingan gabah kering ke pasar menjadi pemicu kenaikan harga beras.

Kemudian harga gabah kering yang naik juga ikut berdampak pada mahalnya harga beras saat ini.

"Jadi harga gabah kering panen di petani itu sekarang sedang mengalami kenaikan hingga ada yang Rp6.000 sampai Rp7.000 per kilogram untuk gabah kering panen," katanya, dikutip Senin (11/9/2023).

Di sisi lain ada juga persaingan antar pengusaha beras karena ada pihak yang berani membeli gabah kering dari petani dengan harga tinggi. Akibatnya, banyak penggilingan padi yang tidak mendapat bahan baku.

"Karena memang faktanya pada saat harga gabah kering panen itu naik, ada pembeli yang berani membeli dengan harga yang tinggi, sehingga menyebabkan penggilingan padi kecil itu tidak memperoleh bahan baku, sehingga suplai ke pasar tradisional menjadi kurang," ujarnya.

Dadan memastikan jika stok ketersediaan beras di Jabar aman bahkan hingga akhir tahun nanti. Dari kebutuhan 4,5 juta ton beras kata dia, stok yang ada saat ini mencapai 104 ton.

"Kita masih punya sekitar 104 ton sampai Oktober 2023. Tapi kita masih menyisakan masa panen di November-Desember. Jadi kalau dari kacamata produksi, persediaan beras (di Jabar) masih aman," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper