Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Purwakarta Caang, Disperkim Pastikan Seluruh Jalan Lingkungan Terpasang PJU

Adapun jalan lingkungan yang mendapat prioritas penerangan ini, salah satunya yang rawan terjadinya kecelakaan dan aksi kriminalitas.
Lampu jalan/Ilustrasi-JIBI Photo
Lampu jalan/Ilustrasi-JIBI Photo

Bisnis.com, PURWAKARTA—Pemkab Purwakarta memastikan penerangan jalan umum atau PJU segera dipasang di jalan lingkungan yang selama ini belum tersentuh sarana umum tersebut.

Sekertaris Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Kabupaten Purwakarta, Dian Ardiansyah, mengatakan, setiap tahunnya pemerintah kabupaten berupaya memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat. Salah satunya, mengenai penerangan jalan lingkungan. 

"Selama ini, tim kami terus menyisir jalan lingkungan yang belum memiliki lampu penerangan yang memadai," ujar Dian saat ditemui di kantornya, Senin (4/9/2023).

Pihaknya pun menargetkan seluruh jalur lintasan masyarakat tidak ada yang dalam kondisi minim penerangan.

Dian menjelaskan, pihaknya telah mengalokasikan anggaran untuk pengadaan unit penerangan jalan lingkungan setiap tahun. Tujuannya, supaya jalan-jalan lingkungan terutama yang rawan bisa mendapat penerangan yang memadai.

Adapun jalan lingkungan yang mendapat prioritas penerangan ini, kata dia, salah satunya yang rawan terjadinya kecelakaan dan aksi kriminalitas. Di titik-titik tersebut, akan mendapat penerangan dari pemerintah.

Dian menyebutkan, penerangan jalan yang ada di wilayahnya ini terbagi dalam berbagai jenis. Seperti, penerangan jalan umum (PJU), penerangan jalan lingkungan (PJL), penerangan lampion karakter, dan juga penerangan lampion tirai.

Khusus untuk PJU yang menjadi kewenangan instansinya, sejak 2012 lalu sudah terpasang 3.943 titik. Penerangan tersebut, pada umumnya dipasang di jalan-jalan desa dengan menggunakan lampu LED. 

Untuk tahun 2023 ini, pihaknya menargetkan 500 PJL terpasang di seluruh wilayah di 17 kecamatan. Sampai saat ini, yang baru terealisasi ada 172 titik.

Dengan pemasangan penerangan jalan ini, dia berharap, Purwakarta menjadi wilayah yang kotanya caang (terang), tamannya mencrang dan pemukimannya herang.

Terkait dengan pemasangan penerangan lampion, tujuannya untuk membuat suasana perkotaan menjadi lebih estetik. Salah satu wilayah yang dipasangi lampu lampion adalah sepanjang Jalan Jend Sudirman (Jalur Protokol).

Terkait jumlah jenis Lampion karakter, lanjut dia, ada sebanyak 358 titik yang telah terpasang. Kemudian, lampion tirai ada 95 titik yang sebagian besar dipasang di pusat kota.

"Selain memasang PJL baru, kami juga rutin melakukan pemeliharaan untuk penerangan jalan ini. Misalkan, mengganti lampu lampio dan lampu LED yang sudah mati," jelas Dian.

Dengan penataan penerangan ini, diharapkan bisa memberi manfaat untuk masyarakat. Serta, meminimalisasi terjadinya aksi kriminalitas. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Asep Mulyana
Editor : Dinda Wulandari

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper