Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ingin Jadi Konsumen Cerdas? Datang ke Koncer Fest di Arena WJF 2023

Konsumen Cerdas Festival (Koncer Fest) akan mewarnai momen event West Java Festival (WJF) di Lapangan Gasibu, Bandung, 2-3 September.
Ilustrasi/Bisnis
Ilustrasi/Bisnis

Bisnis.com,BANDUNG—Konsumen Cerdas Festival (Koncer Fest) akan mewarnai momen event West Java Festival (WJF) di Lapangan Gasibu, Bandung, 2-3 September mendatang.

Kepala Disperindag Jabar Noneng Komara Nengsih mengatakan Koncer Fest merupakan sebuah event inovatif yang mengusung tema utama edukasi konsumen cerdas dan perlindungan konsumen lewat tema CEKAS “Cinta Belanja Karya Asli Jawa Barat”.

“Koncer Fest ini baru pertama kali kami gelar dan akan menjadi bagian dari perayaan West Java Festival. Ini kita gebyarkan di tahun 2023, kami melibatkan banyak pihak,” katanya Jumat (1/9/2023).

Menurut Noneng, Koncer Fest akan menjadi salah satu daya tarik West Java Festival mengingat selain mengkampanyekan konsumen cerdas, dihadirkan pula komoditas dan produk-produk unggulan Jawa Barat.

Kehadiran produk-produk unggulan di Koncer Fest juga untuk mendorong masyarakat pada pentingnya menggunakan produk-produk asli Jawa Barat.

"Koncer Fest akan menggunakan tagline konsumen cerdas produk berkualitas setiap tahun," ujarnya.

Menurutnya serangkaian acara dikemas agar kampanye perlindungan konsumen bisa sampai di masyarakat. Untuk acara utama dari Koncer Fest 2023 akan diramaikan dengan berbagai acara seperti: Weekend Market, Festival The- Coklat Dan Kopi, Lomba Kopi, Content Creator, Selebgram/ Zumba Jabar Juara, Fun City Rally, Pelepasan Export.

Ada juga rencana penyerahan Sertifikat Halal- HAKI- SNI Pasar Rakyat Dan Kemasan, kemudian talkshow Koncer, Fun Games Edukasi Konsumen Cerdas Di 27 Kabupaten Kota Wilayah Jabar hingga Live Music & Kesenian. 

"Kami mengundang 2.000 orang untuk mengikuti zumba, dan pada saat itu kita sampaikan pentingnya konsumen cerdas,” ujarnya.

Sejumlah acara yang ada di Koncer Fest seperti festival coklat, kopi dan teh menurutnya akan diwarnai lomba karena tiga komoditas tersebut sudah menjadi produk unggulan Jawa Barat. 

“Festival kopi sudah beberapa kali, tapi disatukan dalam satu festival baru pertama kali. Mudah-mudahan para barista yang potensial dari berbagai kabupaten/kota bisa hadir memperlihatkan keahlian masing-masing,” tuturnya.

Menurutnya selepas Koncer Fest, selanjutnya agenda seperti weekend market akan dilanjutkan di sejumlah daerah agar mendongkrak perekonomian warga terutama di wilayah yang memiliki destinasi wisata.

“Akan ada di Pangandaran, di Garut, ini bisa meramaikan wisata sekaligus memperlihatkan daerah memiliki banyak produk ke wisatawan,” tuturnya.

Noneng berharap masyarakat umum turut meramaikan Koncer Fest, selain mengikuti rangkaian acara juga bisa memahami pentingnya menjadi konsumen cerdas, perlindungan konsumen akan makanan dan produk-produk lain. “Konsumen cerdas akan mendorong daya saing produk Jawa Barat makin tinggi,” ujarnya.

Sekretaris Komisi II DPRD Jabar Yunandar Eka Perwira mengatakan pihaknya menyambut baik Koncer Fest yang baru pertama kali ini digelar oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jawa Barat. DIa berharap event ini bisa berlangsung setiap tahun agar mendorong kualitas produk juga kesadaran konsumen.

“Kenapa kita harus berani melakukan itu, karena kita memiliki banyak produk-produk yang bagus, itu harus kita tunjukan dengan percaya diri. Ini buatan Jawa Barat, yang bisa mendunia kalau konsumennya banyak, ini saatnya,” tuturnya.

Menurutnya DPRD terus memberikan dukungan pada sosialisasi konsumen cerdas yang terus dilakukan oleh Indag Jabar. Upaya ini menurutnya bisa turut mendorong pertumbuhan ekonomi dan perkembangan produk yang lebih baik.

“Sehingga para produsen kita bisa menghasilkan produk yang lebih baik lagi ke depan,” tuturnya.

Kegiatan Koncer Fest juga diharapkan membawa dampak ke wilayah lain di luar Kota Bandung. “Ke depannya nanti bisa menjadi salah satu kegiatan yang ditingkatkan, perlu ada pelayanan langsung di sentra-sentra UKM dan IKM terkait perlindungan konsumen,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper