Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PT BIJB: Kehadiran Jokowi ke Bandara Kertajati Bangkitkan Optimisme

BUMD PT Bandarudara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka menilai kunjungan Presiden Joko Widodo akan mengakselerasi peran dan keberadaan BIJB.
Petugas melakukan rutinitas pemeriksaan di selasar Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, Rabu (24/6/2020). Bisnis/Rachman
Petugas melakukan rutinitas pemeriksaan di selasar Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, Rabu (24/6/2020). Bisnis/Rachman

Bisnis.com, BANDUNG--BUMD PT Bandarudara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka menilai kunjungan Presiden Joko Widodo akan mengakselerasi peran dan keberadaan bandara tersebut.

Direktur Utama PT BIJB M Singgih mengatakan kunjungan tersebut menjadi bentuk apresiasi Presiden atas upaya manajemen dan pemerintah daerah mempertahankan kondisi bandara.

"Kunjungan ini juga menjadi bukti bahwa pemerintah keberadaan bandara [ke depan] lebih optimal," katanya kepada Bisnis, Selasa (11/7/2023).

Menurutnya Presiden menilai Bandara Kertajati sudah mulai memberikan layanan yang baik dari penerbangan haji dan umrah juga kargo. "Ini akan diikuti oleh penerbangan domestik dan reguler Oktober nanti," katanya.

Singgih mengaku penegasan Jokowi terkait penerbangan reguler akan dilakukan di Kertajati menjadi penanda bahwa bandara kebanggaan warga Jawa Barat akan segera menggeliat.

"Bandara Kertajati akan bangkit. Pemerintah sudah menetapkan keberadaaan bandara ini tepat sesuai sasaran," paparnya.

Pihaknya mengaku sudah siap jika seluruh penerbangan reguler dari Bandara Husein Sastranegara Bandung dialihkan ke Kertajati. Namun proses pengalihan ini BIJB menunggu langkah dari Kementerian Perhubungan.

"Oktober kita siap tinggal ini prosesnya di Kemenhub untuk aspek penumpang dan airlines. Kita ikuti perkembangan dari regulator," tuturnya.

Singgih mengaku kunjungan ini momentum bagi Kertajati, seluruh manajemen BIJB optimis menyongsong kebangkitan bandara berkode KJT tersebut. "Kehadiran Pak Jokowi menghadirkan optimisme bagi bandara ini," katanya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi mengatakan selain untuk embarkasi haji, Presiden menyebut bahwa Bandara Internasional Kertajati juga telah melayani sejumlah penerbangan internasional.

Presiden Joko Widodo mengapresiasi peningkatan aktivitas penerbangan di Bandara Internasional Kertajati, Provinsi Jawa Barat, yang telah berjalan dengan baik.

Apresiasi tersebut disampaikan Kepala Negara usai meninjau langsung kegiatan dan fasilitas yang ada di bandara terbesar di Provinsi Jawa Barat tersebut pada Selasa, 11 Juli 2023.

“Saya senang karena aktivitas di Bandara Kertajati sudah sangat baik. Sekarang telah digunakan untuk embarkasi haji, bandara embarkasi haji untuk kurang lebih 8 ribu jemaah dari tujuh kabupaten/kota di Provinsi Jawa Barat,” ujar Presiden dalam keterangannya kepada awak media usai peninjauan.

Selain untuk embarkasi haji, Presiden menyebut bahwa Bandara Internasional Kertajati juga telah melayani sejumlah penerbangan internasional. Di antaranya penerbangan umrah empat kali seminggu dan penerbangan rute Kuala Lumpur-Kertajati sebanyak dua kali seminggu.

“Nantinya dimulai bulan Oktober akan operasi penuh, artinya dari Bandara Husein Sastranegara akan digeser ke Kertajati utamanya untuk yang pesawat jet,” ungkap Presiden.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper