Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

WJEF Forum Strategis untuk Akselerasi Transisi Energi

Bank Indonesia Jawa Barat bersama Pemerintah Provinsi Jawa Barat berkomitmen bersama memperluas penerapan ekonomi hijau di Jawa Barat melalui gelaran WJEF.
Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat Erwin Gunawan Hutapea
Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat Erwin Gunawan Hutapea

Bisnis.com, BANDUNG -- Bank Indonesia Jawa Barat bersama Pemerintah Provinsi Jawa Barat berkomitmen bersama memperluas penerapan ekonomi hijau di Jawa Barat melalui gelaran West Java Energy Forum (WJEF). 

Mengusung tema “Unlocking Sustainable Financing for West Java Circular Economy Development”, gelaran WJEF difokuskan untuk mencari solusi dan inovasi atas berbagai tantangan investasi dan pembiayaan hijau di Jawa Barat. 

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat Erwin Gunawan Hutapea menuturkan WJEF menjadi forum yang sangat strategis untuk mengakselerasi transisi energi. 

Hal tersebut menurutnya sejalan dengan tindak lanjut KTT G20 dan Keketuaan ASEAN yang mendorong berbagai negara di seluruh dunia untuk mempercepat transisi energi serta mendorong terciptanya berbagai inovasi di bidang energi hijau guna menekan emisi karbon global dan menciptakan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan. 

"Di tataran nasional, Bank Indonesia berperan aktif dalam penciptaan energi hijau melalui dukungan terhadap instrumen kebijakan keuangan hijau yang semakin kuat," ungkap dia, Senin (26/6/2023). 

Dukungan tersebut antara lain melalui penerbitan obligasi hijau dan penetapan Loan to Value (LTV) yang lebih rendah untuk kendaraan dan properti hijau. 

Selain itu, di tataran spasial, Jawa Barat berada di posisi terdepan dalam penerapan ekonomi hijau.

Pasalnya, menurut dia Jawa Barat memiliki banyak potensi energi terbarukan, seperti cadangan panas bumi yang melimpah, potensi sumber daya energi tenaga surya, angin, air dan listrik yang perlu untuk semakin dioptimalkan. 

"Berbagai potensi energi baru terbarukan [EBT] tersebut perlu untuk didukung dengan investasi dan pembiayaan hijau guna menciptakan bauran energi primer baru bagi Jawa Barat," jelasnya. 

Dalam kesempatan yang sama, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan dunia saat ini sedang dihadapkan dengan kebutuhan akan sumber daya energi yang semakin meningkat. 

Meski demikian, hal ini menjadi potensi besar bagi indonesia lantaran Bumi Pertiwi akan menjadi top of mind renewable energy di dunia sejalan dengan melimpahnya cadangan sumber daya energi baru terbarukan yang dimiliki. 

"Secara khusus, Jawa Barat memiliki berbagai potensi sumber daya energi baru terbarukan," ungkapnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dea Andriyawan
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper