Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PLTU unit 2 Cirebon Masih Uji Coba Terbatas

Cirebon Power memastikan PLTU Unit 2 di Kecamatan Astanajapura, Kabupaten Cirebon hingga Kamis (8/6/2023) belum beroperasi secara komersial.
/Ilustrasi
/Ilustrasi

Bisnis.com, CIREBON - Cirebon Power memastikan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Unit 2 di Kecamatan Astanajapura, Kabupaten Cirebon hingga Kamis (8/6/2023) belum beroperasi secara komersial. 

Head of Communications Cirebon Power Yuda Panjaitan menyebutkan pembangkit teranyar tersebut masih dalam tahap uji coba terbatas. Sebelumnya, pembangkit direncanakan beroperasi pada Mei 2023.

“Setelah uji coba terbatas, akan segera beroperasi secara komersial,” kata Yuda kepada Bisnis.com, Kamis (8/6/2023).

Berdasarkan informasi, PLTU unit 2 ini sudah mampu memproduksi 581.000 MWh yang disuplai ke jaringan listrik Jawa-Madura-Bali. 

Pembangkit listrik diklaim mampu menekan emisi lantaran menggunakan teknologi ramah lingkungan super critical boiler dan ultra super critical. 

Menurutnya, keunggulan teknologi itu sekaligus bentuk komitmen perusahaan menjaga agar emisi pembangkit tetap di bawah ambang batas. 

Sebelumnya, Kementerian ESDM mendorong Cirebon Power segera mengoperasikan PLTU unit 2 berkapasitas 1x1.000 Megawatt untuk memasok listrik jaringan Jawa-Madura-Bali. 

Direktur Teknik dan Lingkungan Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Priharto Dwinugroho mengatakan pembangkit milik Cirebon menggunakan teknologi ultra super critical. Sehingga, mampu meningkatkan efisiensi penggunaan batu bara sampai 40 persen.

Klaim pihak Kementerian ESDM, emisi yang dihasilkan dari aktivitas pembangkit tersebut lebih rendah dibandingkan PLTU Unit I Cirebon. 

“Mereka (Cirebon Power) sudah melakukan rencana untuk mengurangi emisi. Ini pembangkit batu bara, tidak lepas dari rencana pengurangan emisi. Jadi saya kira kita harus dorong," kata Priharto. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hakim Baihaqi
Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper