Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Stok Hewan Kurban untuk Iduladha di Garut Diklaim Aman

Dinas Perikanan dan Peternakan (Diskanak) Kabupaten Garut menyebutkan stok hewan kurban untuk perayaan Iduladha 1444 H dipastikan aman. 
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, GARUT - Dinas Perikanan dan Peternakan (Diskanak) Kabupaten Garut menyebutkan stok hewan kurban untuk perayaan Iduladha 1444 H dipastikan aman. 

Kepala Diskanak Kabupaten Garut Sofyan Yani mengatakan kebutuhan hewan kurban pada tahun lalu sekira 2.700 hingga 3.000 ekor. Ribuan ekor itu terdiri dari sapi, domba, dan kambing. 

"Keterkaitan stok itu insya Allah tercukupi, kami dipasok dari luar Garut ya dari Jawa Timur, Jawa Tengah," kata Sofyan di Kabupaten Garut, Minggu (4/6/2023). 

"Kami pastikan aman dan bebas dari PMK serta penyakit Lumpy Skin Disesase yang biasa menyerang ternak ruminansia sapi dan kerbau," sambungnya. 

Dalam waktu dekat, Diskanak Kabupaten Garut bakal melakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban. 

Pemeriksaan tersebut akan dilakukan di beberapa titik lokasi penjualan, pasar tradisional, hingga masjid-masjid yang dititipkan untuk melakukan penyembelihan hewan kurban.

Sofyan Yani menyebutkan, PMK masih terjadi di wilayah Garut, namun lebih terkendali dibandingkan dengan kondisi tahun lalu. 

"Kami mengimbau kepada masyarakat jika merasa ragu dengan kesehatan hewan kurban yang akan dipotong, bisa menghubungi petugas yang ada di Diskanak Garut. Kami juga  menyiapkan 8 dokter hewan yang selalu standby melayani masyarakat," kata Sofyan. 

Sofyan berharap, pelaksanaan ibadah kurban tahun ini bisa berjalan lancar, ketersediaan hewannya terpenuhi, hingga ternak berkualitas bagus.

"Dan masyarakat juga diharapkan nyamanlah untuk mengkonsumsi (hewan kurban) karena itu tugas kami, dan tadi juga hasil sembelihannya yang halal, harapan kami begitu lah, itu mungkin kepuasan kami," katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hakim Baihaqi
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper