APPUI Optimistis Jasa Pengiriman Uang Tumbuh

Pertumbuhan itu dapat didukung lewat sinergi dengan berbagai pihak, termasuk sesama perusahaan penyelenggara pengiriman uang hingga regulator.
Sejumlah pembicara menyampaikan materi dalam Indonesia Remittance Forum 2023.
Sejumlah pembicara menyampaikan materi dalam Indonesia Remittance Forum 2023.

Bisnis.com, BANDUNG--Asosiasi Penyelenggara Pengiriman Uang Indonesia (APPUI) optimistis bisnis jasa pembayaran dapat tumbuh positif melalui sistem digitalisasi.

Ketua Umum APPUI Eddy Hadiyanto mengatakan pertumbuhan itu dapat didukung lewat sinergi dengan berbagai pihak, termasuk sesama perusahaan penyelenggara pengiriman uang hingga regulator.

"Oleh karena itu ada Indonesia Remittance Forum yang menjadi sarana untuk mendapatkan wawasan dan peraturan terbaru dari regulator," katanya, Jumat (17/3/2023).

Dia  mengemukakan forum tersebut juga melibatkan regulator, yakni Bank Indonesia dan Pusat  Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK).

Menurut Eddy, gelaran Indonesia Remittance Forum 2023 ini merupakan penyelenggaraan pertama setelah pandemi semenjak forum terakhir pada tahun 2019.

Eddy yang juga sebagai ketua penyelenggara, berharap dapat memperkuat lembaga selain bank sehingga memberikan kontribusi yang signifikan dalam industri jasa pembayaran.

“Perlu ditinjau kembali peran lembaga selain bank dan bank khususnya pada kegiatan remitansi agar keduanya kuat dan tumbuh, saling bersinergi, berdaulat di negeri sendiri, serta sejalan dengan visi dan misi Bank Indonesia,” katanya.

Forum tersebut dihadiri pula oleh LPK APPUI Widyantara Indonesia (LPK AWI) sebagai perusahaan di bidang pelatihan berbasis kompetensi, yang memberikan sertifikat kepada petugas pelaksana untuk dapat bekerja di perusahaan transfer dana.

“LPK AWI memiliki 15 instruktur yang telah memiliki sertifikat yang diterbitkan oleh Bank Indonesia dan Kemnaker RI serta berpengalaman lebih dari lima tahun dalam Pengelolaan Transfer Dana Lembaga Selain Bank (PTDLSB),” ujar Syamsul Herijanto, Kepala LPK AWI.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper