Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tren Pengguna Bus pada Momen Libur Idulfitri dan Sekolah Diprediksi Meningkat

Jelang momentum libur Hari Raya Idulfitri 1444 Hijriah/2023 dan libur sekolah, bus masih menjadi pilihan masyarakat untuk mudik dan berlibur. 
Armada Perusahaan Otobus Siliwangi Antar Nusa (PO SAN)
Armada Perusahaan Otobus Siliwangi Antar Nusa (PO SAN)

Bisnis.com, BANDUNG - Jelang momentum libur Hari Raya Idulfitri 1444 Hijriah/2023 dan libur sekolah, bus masih menjadi pilihan masyarakat untuk mudik dan berlibur. 

Hal tersebut dikatakan Direktur Utama Perusahaan Otobus Siliwangi Antar Nusa (PO SAN) Kurnia Lesani Adnan, kepada Bisnis usai peluncuran 10 unit bus terbarunya besutan Mercedes Benz OH 1526, Selasa (14/3/2023). 

Menurutnya tingginya minat masyarakat untuk menggunakan bus pada momentum libur lebaran Idulfitri dan libur sekolah mulai kembali menggeliat pascapandemi Covid-19. 

"Pas pandemi itu market kami hanya 10 persen, tepatnya awal PPKM Maret 2020. Meningkat sedikit hingga 2021 itu 30 persenan," jelasnya. 

Okupansi bus menurut Sani, sapaan akrabnya mulai menyentuh 100 persen saat momentum Lebaran Idulfitri 1443/2022 dan libur lebaran lalu. 

"Dari sana kita mulai 100 persen, dan kita optimis bisa melebihi catatan pada tahun lalu di tahun ini, apa lagi PPKM sudah dicabut," ungkapnya. 

Untuk itu, ia berani melakukan peremajaan bus-bus untuk meningkatkan layanan terhadap penumpang. Untuk saat ini ia melakukan peremajaan pada 10 bus yang akan beroperasi melayani momentum liburan nanti. 

“Kami bersyukur, di tengah kondisi pasar yang penuh tantangan, PO SAN dapat terus mewujudkan komitmennya sebagai perusahaan oto bus yang terus menjawab kebutuhan masyarakat akan angkutan darat yang aman dan nyaman,” kata Sani. 

Sementara itu, Komisaris PT SAN Putra Sejahtera Hasanuddin Adnan mengatakan pihaknya bersyukur bisa melewati Pandemi Covid-19 tanpa adanya penguranfan aset baik infrastruktur maupun tenaga kerja. 

"Kuncinya kita jaga aset kita betul-betul, sehingga Pandemi lewat kita bisa recovery dengan cepat," ungkap dia. 

Menurutnya, perseroan melakukan langkah berani dengan menambah 10 bus baru lantaran melihat tren positif dari market serta bertepatan dengan momentum lebaran. 

Sementara itu, President Director PT Citrakarya Pranata Agustinus Hariyadi mengatakan pihaknya berkomitmen untuk terus mendorong pertumbuhan ekosistem usaha transportasi di Indonesia. 
 
“Dengan keunggulan dari pembaharuan teknologi di Mercedes Benz OH 1526 ini akan semakin memberikan keamanan dan kenyaman penumpang,” kata Agustinus. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dea Andriyawan
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper