Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BIJB Kertajati Dipastikan Jadi Tempat Pemberangkatan Jemaah Haji Tahun Ini

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan sebelumnya sudah melakukan pertemuan dengan Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umroh (PHU).
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil

Bisnis.com, CIREBON - Pemerintah Provinsi Jawa Barat memastikan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati dan Asrama Haji Indramayu bisa digunakan untuk melayani pemberangkatan ibadah haji pada tahun ini.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan sebelumnya sudah melakukan pertemuan dengan Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umroh (PHU) Kementerian Agama.

Saat ini, kata Ridwan Kamil atau Emil, Pemerintah Provinsi Jawa Barat masih mempersiapkan untuk kebutuhan teknis di BIJB Kertajati dan asrama haji

“Kekurangan segera diperbaiki. Misalnya, ada jalan akses di titik bandara belum diaspal, akan diaspal. Ada fasilitasi di asrama haji Indramayu, dindingnya belum selesai akan diperbaiki,” kata Emil saat ditemui di Kota Cirebon, Selasa (7/2/2023).

Direktorat Jenderal PHU sebelumnya meminta kepada Pemerintah Provinsi Jawa Barat bisa memperkuat ekosistem haji dan umrah di daerah Majalengka dan sekitarnya.

Dirjen PHU Kemenag Hilman Latief mengatakan pihaknya tidak ingin Jawa Barat terjadi seperti Surabaya.

Dimana, jemaah umrah beberapa kali gagal berangkat karena ada mis-koordinasi antara Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU), dan pihak bandara.

“Kami ingin di Jabar ini lebih kuat, lebih lancar pelaksanaannya. Bukan hanya pindah bandara, akan tetapi seluruh aktivitas yang berkaitan dengan itu terbentuk di Kertajati,” kata Hilman melalu keterangan tertulis.

“Selain dari sisi layanan untuk jemaah, diharapkan pula terjadinya penguatan transit untuk jemaah, seperti kehadiran Asrama Haji Indramayu," sambungnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hakim Baihaqi
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper