Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Gempa Garut, BPBD Jabar Pastikan tidak Ada Korban Jiwa

BPBD Jawa Barat memastikan tidak ada korban jiwa dari peristiwa gempa bumi di Kabupaten Garut yang terjadi Rabu (1/2/2023).
Ilustrasi/BNPB
Ilustrasi/BNPB

Bisnis.com, BANDUNG - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Barat memastikan tidak ada korban jiwa dari peristiwa gempa bumi di Kabupaten Garut yang terjadi Rabu (1/2/2023).

Dari peristiwa ini tercatat hanya ada beberapa rumah warga di tiga kecamatan terdampak.

"Dari tiga kecamatan ada tiga desa di dalamnya yang terdampak kerusakan. Ada 10 rumah yang mengalami rusak. Mulai dari rusak berat hingga ringan," ujar Kepala Pusdalops BPBD Jabar Hadi Rahmat melalui keterangan resminya, Kamis (2/2/2023).

Hadi menjelaskan, peristiwa gempa bumi magnitudo 4,3 ini ada di kedalaman 3 kilometer. Beberapa kabupaten yang berdekatan dengan Garut juga turut merasakan getarannya. Namun dipastikan tidak ada korban jiwa dari peristiwa ini.

"Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, dan Sumedang turut merasakan gempa ini. Untuk korban jiwa tapi nihil," katanya.

Sedangkan, Kepala BMKG Stasiun Geofisika Kelas I Bandung, Teguh Rahayu mengatakan, gempa tektonik ini episenter terletak pada koordinat 7.27 lintang selatandan 107.73 bujur timur, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 19 kilometer barat daya Kabupaten Garut pada kedalaman 3 kilometer.

"Gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas Sesar Garsela," ucapnya.

Kemudian, gempa bumi ini dirasakan di wilayah Garut, Pasirwangi, Cisurupan, Bayongbong, Samarang dengan Skala Intensitas IV MMI. Sedangkan, Bandung, Lembang, Pangalengan, Pacet, Cileunyi, Sumedang dengan Skala Intensitas II MMI.

"Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper