Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Rp56,4 Miliar Dianggarkan Bangun Jalan Lingkar Utara Jatigede Ruas Sumedang-Wado

Tahun ini Jalan Lingkar Utara Bendungan Jatigede akan tersambung dengan Jalan Sumedang-Wado di Pasirringkik.
Dea Andriyawan
Dea Andriyawan - Bisnis.com 12 Januari 2023  |  15:58 WIB
Rp56,4 Miliar Dianggarkan Bangun Jalan Lingkar Utara Jatigede Ruas Sumedang-Wado
Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir (kiri)
Bagikan

Bisnis.com, SUMEDANG - Tahun ini Jalan Lingkar Utara Bendungan Jatigede akan tersambung dengan Jalan Sumedang-Wado di Pasirringkik.

Pemerintah pusat sudah menganggarkan Rp56,4 miliar untuk pembangunan jalan lingkar Utara Jatigede tersebut, mulai dari Blok Karamat-Gunung Julang sampai dengan Jalan Sumedang-Wado.

"Sebuah perjuangan yang panjang. Akhir Tahun 2018, saat Sekjen Kementerian PUPR saat itu Ibu Anita Firmanti ke Bendungan Jatigede untuk penanaman pohon, kami langsung mengajukan pembangunan Jalan Lingkar Utara," ujar Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir dalam keterangannya, Kamis (12/1/2022).

Dony mengatakan, meskipun Bendungan Jatigede lokasinya berada di Sumedang, tetapi manfaat yang paling besar untuk luar Sumedang.

"Untuk pembangunan tersebut, warga Sumedang harus berkorban kenyamanannya, pindah kehilangan pekerjaan, sawah dan lainnya," katanya.

Oleh karena itu, Sumedang juga harus mendapatkan manfaat dan sejahtera dari proyek strategis nasional.

"Gayung bersambut, Tahun 2019, Pemkab Sumedang menyiapkan proposal dan pembangunan dimulai Tahun 2020 dengan alokasi anggaran Rp38 miliar oleh Kementrian PUPR. Namun karena pandemi Covid-19, alokasinya terpangkas untuk penanganan Covid menjadi Rp27 miliar," tuturnya.

Ia menambahkan, pembangunan fisik jalan dengan titik 0 Kilometer di Kampung Eretan, Desa Kadujaya, Kecamatan Jatigede menuju Blok Ramping Desa Pajagan, Kecamatan Cisitu sepanjang 3,8 Kilometer dimulai Mei 2020.

"Alhamdulillah saat pandemi Covid waktu itu masih bisa membangun infrastruktur," ungkapnya.

Dikatakan bupati, pembangunan dilanjutkan lagi Tahun 2021 dari Blok Warung Ramping, Desa Pajagan sampai ke Blok Karamat, Desa Cigintung, Kecamatan Cisitu sepanjang 2,4 Kilometer dengan anggaran Rp17 miliar lebih.

"Tak sampai di situ, perjuangan untuk mengawal sampai tuntas pembangunan Jaling Utara terus dilakukan dan tahun 2023 Jaling Utara sepanjang 4,24 km dari Blok Karamat, Desa Cigintung-Gunung Julang-Pasir Ringkik Jalan Sumedang-Wado mulai April pembangunan fisiknya dimulai," ujarnya.

"Bendungan Jatigede dikelilingi jalan, ada Lingkar Selatan-Barat, Lingkar Timur dan nanti tersambung dengan Lingkar Utara. Selain untuk akses orang dan barang, jalan lingkar yang mengelilingi Jatigede ini bisa mendongkrak sektor parawisata, menggerakan ekonomi.

"Pemandangan di sekitar kawasan Bendungan Jatigede yang dikelilingi jalan lingkar sangat luar biasa dan menjadi spot-spot wisata," pungkasnya.(k34)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sumedang Dony Ahmad Munir
Editor : Ajijah
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
back to top To top