Luhut Duga Kecelakaan di Jalur KCJB akibat Kereta Melaju Melebihi Batas Kecepatan

Luhut memastikan kecelakaan kereta kerja di jalur Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) lantaran kelalaian pekerja.
Kecelakaan di jalur Kereta Cepat Jakarta-Bandung terjadi pada Minggu (18/12/2022) - Istimewa.
Kecelakaan di jalur Kereta Cepat Jakarta-Bandung terjadi pada Minggu (18/12/2022) - Istimewa.

Bisnis.com, SUMEDANG - Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan memastikan kecelakaan kereta kerja di jalur Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) lantaran kelalaian pekerja.

Diduga pekerja memacu kereta di atas kecepatan sesuai ketentuan.

"Itu human error, dia lagi diinvestigasi detail, tapi kelihatannya kecepatannya agak lebih, lebih tinggi ya biasa mungkin anak muda, dari Tiongkoknya cape atau gimana," jelas Luhut usai membuka acara West Java Digital Services international Festival, di Kampus Institut Pendidikan Dalam Negeri (IPDN), Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Kamis (22/12/2022).

Sebelumnya, kereta kerja Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) alami kecelakaan pada Minggu (18/12/2022) di Desa Cempaka Mekar, Padalarang, Kabupaten Bandung Barat. Kecelakaan tersebut mengakibatkan dua pekerja asal China meninggal dunia dan empat lainnya alami luka serius.

Meski demikian, Luhut memastikan sistem operasi serta sarana dan prasarana KCJB tetap laik beroperasi. Bahkan Luhut sudah memantau langsung progres pembangunan jalur KCJB dari udara dan memastikan pembangunan sudah sesuai rencana.

"Gak ada masalah, ini hanya kereta api untuk meriksa kok untuk kereta patrolinya dia, kita dari atas helikopter saya lihat rel kereta api dari Jakarta ke Bandung sudah terpasang, tinggal disambung sedikit-sedikit," jelasnya.

Dengan demikian, ia optimis operasionalisasi KCJB bisa sesuai jadwal, yakni Juni 2023. "1.000 persen aman, jadi Juni InshaAllah kita doakan semua," jelasnya. (k34)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dea Andriyawan
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper